18 Agustus 2008

Strategi Marketing Laundry

Berikut paparan saya, selama di jogja 2 tahun ini menggunakan jasa laundry. Jogja adalah salah satu kota pelajar, dimana kepadatan jumlah kost utk mahasiswa sangat tinggi sehingga turut menyumbang kepadatan pada jenis usaha laundry ini.


Hal yang saya butuhkan sebagai pengguna jasa ini adalah :




  1. Wangi ! Saya paling tidak suka jika tempat laundry yang saya gunakan tidak menggunakan pewangi. Dapat dipahami, karena jika dimusim penghujan apabila pakaian dijemur hasilnya tidak terlalu kering, baunya terasa sekali ! Berkali2 saya dikecewakan oleh jasa laundry karena hal ini. Hal sepele tampaknya, tapi berakibat besar. Karena saya banyak berinteraksi dengan relasi baik di dalam maupun di lapangan. Kalo pakaian udah bau, saya jadi gak pede bila bertemu relasi.


  2. Pelayanan Cepat ! Saya biasanya menerima kembali hasil cucian saya dalam waktu maksimal 3 hari.


  3. Bersih ! Bagian kerah utk pakaian dinas harian biasanya saya perhatikan. Kalo masih meninggalkan bekas kotoran, bikin saya risih.


  4. Lipatan pakaian rapi/licin. Gimana rasanya memakai pakaian yang terlihat kumal? Saya kok gak pede yah ?? kesannya gimana getuuuhh...


  5. Harga Harga umumnya hanya berpengaruh untuk kantong yang sensitf, misalnya saja kalangan mahasiswa. Tapi untuk kalangan pekerja menengah, biasanyaharga tidak menjadi masalah, asal 4 point diatas bisa terpenuhi. Pada umumnya, dikenal 2 jenis mekanisme pengenaan harga untuk jasa laundry, yaitu: Menggunakan perhitungan per kilo, rata2 di jogja harganya adalah Rp.2.5oo hingga Rp. 3.000 perkilo. Menggunakan perhitungan per piece, di jogja rata2 harga adalah Rp.300-500, tergantung pakaiannya. Untuk celana Jeans, bisa sampe Rp. 1.500


  6. Bonus layanan Ini tidak terlalu saya pikirkan, karena buat saya. Yang penting adalah apa yang saya butuhkan sudah terakomodasi. Tapi bisa saja, memberikan layanan tambahan berupa "antar-jemput" cucian. Memberikan bonus kupon untuk ditukarkan dengan gimmick untuk setiap jumlah value tertentu. Memberikan bonus cuci gratis untuk setiap beberapa kali pencucian. Memberikan bonus undian bagi para pelanggan setia.



Itu saja dari saya
Salam hangat
Sayekti

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...