16 Juni 2008

Komplain pelanggan (1)

Komplain dari pelanggan kadang terjadi pada usaha kita, untuk itu perlu cara bagaimana menghadapinya, ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam menghadapinya :

Pertama, dimulai dari sikap
bersikap terbuka dan menerima, customer merupakan prioritas utama dalam usaha kita, jauhkan sikap defensif dan keras kepala!!


Kedua, positive thinking
komplain adalah masukan informasi yang sangat berharga - menunjukkan kekurangan yg sebelumnya kita tidak ketahui ; komplain menunjukkan kalau customer peduli dengan kualitas dan performa barang yang kita jual.

Ketiga, komplain pelanggan sebisa mungkin digali secara mendalam sampai ke akar permasalahan sehingga kita bisa memperoleh gambaran menyeluruh tentang masalah yang dihadapi oleh konsumen dan bisa menemukan solusi terbaik bagi masalah mereka.

Keempat, untuk dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya, kita harus bersedia untuk mendengar, bertanya tanpa melibatkan emosi, dan berusaha memberikan win-win solution

Kelima, menepati janji atas solusi yang kita berikan dan sampaikan kepada customer sebelumnya dan memberitahukan progress penanganan komplain secara berkala

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...