11 April 2008

R.O.N.D.A

Ronda atau sering disebut siskamling yang merupakan kependekan dari Sistem Kemanan Lingkungan banyak menjadi program di desa perkampungan dan biasanya dikelola oleh RT. Ronda diadakan dengan maksud agar lingkungan menjdi aman terutama di malam hari ketika banyak orang istirahat setelah seharian bekerja.
Sistem ronda yang banyak di terapkan adalah pembentukan kelompok dari warga setempat kemudian secara periodik bergiliran. Ronda dijadwalkan biasanya dimulai pukul sepuluh malam hingga pagi shubuh. Bagi mereka warga yang tidak bisa bergabung dengan ronda tersebut karena beberapa sebab seperti misalnya sudah uzur, tua, sakit, atau karena tugas kerjanya sering luar kota atau kerja malam, maka untuk warga yang tak bisa aktif biasanya ada ketentuan khusus misalnya dengan membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan kampung.
Kegiatan ronda ini selain mempunyai tujuan utama system keamanan lingkungan ada dampak lainnya yang positif misalnya saat ronda adalah saat berkumpul bisa dijadikan ajang silaturahmi antar tetangga terutama daerah untuk daerah perkotaan yang kebanyakan warganya berprofesi berbeda-beda sehingga untuk bisa bertemu sangat sulit dan jarang.
Manfaat positif lainnya adalah bisa menambah pemasukan bagi kampung yaitu adanya jimpitan, jimpitan adalah semacam tabungan bagi kampung yang diberikan oleh setiap kepala keluarga pada kampong tersebut yang diletakkan didepan rumah kemudian diambil oleh yang bertugas setiap waktu yang telah ditentukan, jimpitan ini jika dulu berupa beras kemudian dalam perjalanan waktu untuk mudahnya jimpitan berupa uang yang biasanya diambil diawal ketika ronda dimulai. Dari hasil jimpitan yang terkumpul ini biasanya dikelola kampung dan hasilnya bisa dipergunakan untu kegiatan kampung.

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...