11 April 2008

Proposal Renovasi Masjid Darul Muttaqin Banteng Tiga Yogyakarta

MUQADIMAH
Masjid Darul Muttaqin yang berlokasi di Komplek Perumahan Banteng Tiga, Condongcatur, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta dibangun pertama kali pada tahun 1983 diatas tanah wakaf seluas 150 m2 dan saat ini telah berumur lebih dari 20 tahun. Dengan konstruksi atap dan dinding dari bahan yang sederhana, maka saat ini kondisinya sudah memprihatinkan.
Fungsi Masjid sebagai pusat pembinaan umat dengan aktifitas yang beragam saat ini sudah tidak bisa tertampung di Masjid Darul Muttaqin. Oleh karena itu disamping perbaikkan atau renovasi, perlu dilakukan perluasan dan penambahan fasilitas serta sarana sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masjid sebagaimana telah disebutkan di atas.
Untuk merealisasikan rencana renovasi dan penambahan fasilitas ini telah tersedia tambahan tanah wakaf sehingga luasnya menjadi 620 m2 dan telah bersertifikat No.5 dalam Daftar isian 208, No.7613/200.
LANDASAN
"Bertasbihlah di rumah Allah (Masjid) yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut Asma di dalamnya pada waktu pagi dan petang. Orang yang tidak dilalaikan dari mengingat Allah oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual beli. Mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka takut pada suatu hari dimana hati penglihatan mereka terguncang.' (QS. An -Nur : 36 - 37)
"Sesungguhnya masjid-masjid itu milik Allah, karena itu janganlah engkau menyembah apapun selain Allah." (QS. Al-Jin : 18)
Masjid adalah tempat pertama kali dibangun oleh Rasulullah pada waktu hijrah ke Madinah.
Masjid merupakan sarana pembinaan umat dalam arti luas, bukan hanya sebagai tempat penyelenggaraan sholat berjamaah.

RENCANA PENGEMBANGAN

  • Melakukan renovasi bangunan agar bisa memenuhi fungsi untuk menampung berbagai kegiatan umat (sholat berjamaah, majelis taklim, pendidikan Al Quran, perpustakaan, dan sebaginya)
  • Melakukan pembaharuan kepengurusan masjid untuk meningkatkan kapasitas dan perannya selalui penyusunan program terencana sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  • Revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pembinaan umat diwilayah Kalurahan Condongcatur dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...