30 Maret 2008

OE vs Strategi

Menurut Porter, Operational Effectiveness (OE) dan Strategi itu penting agar perusahaan bisa tampil bagus karena bagaimanapun juga kedua hal itu merupakan cara untuk memeperoleh tujuan utama peruahaan, apapun jenis perusahaan. Hanya cara-cara melakukannnya berbeda.
Menurutnya Strategi itu adalah jika anda berbeda dari orang lain. Jika anda tampil unik, membuat perbedaan anda pasti bisa bersaing. Tampil beda itu bisa dilakukan dengan dua hal yaitu :
1. menambah nilai kepada pelanggan
2. menciptakan nilai dengan biya murah
Kalau anda memeberikan nilai yang lebih, perusahaan bisa menaikkan harga setiap unit. Sebaliknya jika efisiensi bisa diutamakan, rata-rata biaya per unit lebih rendah.
Adapun Operational Effectiveness (OE) adalah menampilakan aktivitas serupa dengan pesaing tapi dengan tampilan yang lebih baik. Efisiensi pada dasarnya termasuk dalam OE, tetapi tidak hanya terbatas hanya itu. Efisiensi dengan cara misalnya mengurangi cacat produk atau mengembangkan produk yang lebih bagus dengan cara yang lebih cepat. Sebaliknya memposisikan strategi berarti menampilakn aktivitas-aktivitas berbeda dari aktivitas serupa yang dilakukan oleh pesaing dalam cara yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...