30 Maret 2008

Bagaimana Menangani Penelpon Yang marah

Salah satu tugas Customer Servise adalah berhubungan dengan para pelanggan yang mengeluh, tidak puas, dan ingin protes. Ini adalah sebuah pekerjaan yang menantang. Menurut bottom Line / Bussines punya pesan yang bagus buat Anda yang berprofesi dibidang ini. Tulisnyakalau ada penelon yang marah, jangan pernah diperlakukan :

  • membuatnya menunggu
  • memutuskan hubugan teleponnya
  • mem-ping-pong dari satu departemen ke departemen lain

Jika Anda melanggar satu saja dari ketiganya sang penelponakan semakin marah. Ada sejumlah tips menghadapi mereka :

  • Dengan sabar dengarlah apa maksud pelanggan menelpon
  • Jangan pernah menyela jika memang penting bagi Anda untuk menjernihkan sesuatu.
    terimalah keluhannya. Tegaskan kepedulian Anda dengan kalimat : “ saya memahami bagaimana bingungnya Ada”.
  • Jika pelanggan meninggikan volume suaranya, Anda harus segera merendahkan volume suara Anda.
  • katakan apa yang akan Anda lakukan . Berbicaralah pelan tapi mantap dan ucapkan setiap kata dengan jelas.

Apakah kemudian Anda sendiri yangmenyelesikan masalah atau berjanji menyampaikan pada oang lain yang bsa menanganinya, lakukan dan simpan catatan setiap keluhan dan bagaimana pada akhirnya diselesaikan. Yakinkan pada penelpon bahw segala sesuatu diperhatikan demi kepuasan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...