30 Maret 2008

Asal usul Strategic Position

Menurut Porter, Posisi Strategis (Strategic Positions) berasal dari tiga sumber yang berbeda yang masing-masing ekslusif dan satu sama yang lain seringkali tumpah tindih.
Pertama disebut sebagai variety – based positioning (pemosisian berdasarkan ragam), karena positioning ini didasarkan pada pilihan beragam produk atau jasa dan bukan berdasarkan segmen pelanggan. Jenis pemosisian ini bisa mendatangkan nilai ekonoms tinggi bila perusahan dapat menghasilkan produk atau jasa khusus menggunakan serangkaian aktivitas yang berbeda.
Kedua memposisikan didasarkan pada melayani sebagian besar atau seluruh kebutuhan sekelompok pelanggan tertentu, pemosisian ini lebih dekat dengan pelanggan, yang dinamakan needs-based positioning. Pemosisian ini tejadi bila ada kelompok pelanggan dengan kebutuhan berbeda, dan serangkaian akivitas disesuaikan agar dapat melayani kebutuhan mereka dengan baik. Karena sebagian kelompok pelanggan lebih sensitf terhadap harga daripada lainnya, menuntut ciri-ciri produk yang berbeda, dan memerlukan sejumlah informasi yang beragam, dukungan dan jasa.
Ketiga didasarkan pada pelanggan yang terpecah-pecah dan yang memliki akses ke berbagai cara. Kendati kebutuhan mereka mirip dengan kebutuhan pelanggan lain, aktivitas untuk memenuhi mereka harus berbeda. Pemosisian ini dinamakan sebagai acces based potisioning. Segmentasi lewat akes kurang dikenal dan kurang dipahami katimbang dua yang lainnya.
Setelah mendefinisikan pemosisian, kita kini dapat mulai menjawab pertanyaan. “Apakah strategi itu ?” Strategi adalah potisioning yang unik dan beragam yang melibatkan serangkaian aktivitas.
Inti Strategic Potisioning adalah memilih aktivitas yang berbeda dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...