07 Juni 2008

tele marketing

Berberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan melalui telepon (tele sales) antara lain:

1. Infrastruktur dalam melaksanakan telesales adalah tersedianya database atau biasa dikenal dengan leads. Sejauhmana anda dapat menyediakan leads yang sesuai dengan target market anda, sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan anda.


2.Pada saat anda melakukan outbound calls berdasarkan leads yang anda miliki, coba buat semacam tabel/ matrix yang mencerminkan rangkaian kegiatan yang ada lakukan. Sebagai contoh: a.Apakah nomor tersebut dapat tersambung, b. Apakah telepon diangkat c. Siapa yang menerima telepon (decision makers or not), d. dst... dst.. sampai akhir melakukan peneleponan. Dari sini anda akan mendapatkan data sampai pada tahap tertentu, berapa contact yang berhasil dihubungi dll.

3. Dalam database atau leads yang ada tentunya dapat dipisahkan mana yang baik dan mana yang dinyatakan "sampah". Pada beberapa perusahaan, kadangkala data 'sampah' tersebut tidak langsung dibuang begitu saja.

4. Dari segi sdm kita juga menyadari betapa pentingnya petugas telesales didalam menyampaikan produk anda.Tidak jarang bagi outbound callers yang telah berpengalaman, data yang tadinya dianggap 'sampah' ternyata dapat di 'goreng' kembali sampai closing.

5. Hal lain yang juga penting didalam me maintain sdm yang ada, secara berkala perlu dilakukan training-training yang tujuannya meningkatkan motivasi. Ini bukan saja diperuntukkan bagi petugas telesales yang baru, termasuk juga petugas yang sdh lama. Seperti pendapat rekan kita sebelumnya, tingkat kejenuhan melakukan hal ini relatif tinggi.

6. Pada umumnya deal yang terjadi setelah dilakukannya appointment dengan customer. Ada perusahaan yang memisahkan petugas yang melakukan presentasi face-to-face dengan outbound callers, tapi ada juga yang menyatukannya. Mana yang dipilih tergantung pada situasi dan kondisi perusahaan anda.

Tentu masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan selain penjelasan diatas, seperti peralatan telepon yang digunakan, suasana yang diciptakan seperti apa ketika menelepon, dll.. dll.

Sebagai informasi tambahan, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan instrumen ini dalam pemasarannya. Bahkan bila dibandingkan dengan menggunakan promosi luar ruang, biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan telesales relatif lebih murah.
(Andi Juswantoro, Majalah Marketing)

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...