28 Juni 2008

PROPOSAL PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT YPDP SPA

PROPOSAL PEMBANGUNAN
GEDUNG PUSAT DAKWAH DAN PENDIDIKAN ANAK
“SILATURRAHIM PECINTA ANAK-ANAK”
SPA YOGYAKARTA

Yayasan Pusat Dakwah dan Pendidikan
Silaturrahim Pecinta Anak-anak (SPA)
Jl. Gejayan Pelemkecut CT X/14 Yogyakarta
Telp. (0274) 584186, 544180 Fax. 518300
BNI’46 Cab UGM No. Rek. 228.005527316.901
a.n Katri Hari Sukarsih
Bank Mandiri Cab. Gejayan Yogyakarta No. Rek. 137.00.0422661.5
a.n Imsyahatur Rasyidah
Email : spa_yogya@lycos.com
http : //www.spa_yogya.8m.com


PROPOSAL PEMBANGUNAN
GEDUNG PUSAT DAKWAH DAN PENDIDIKAN ANAK
“SILATURRAHIM PECINTA ANAK-ANAK”

SPA YOGYAKARTA

Jl. Gejayan Pelemkecut CT X/14 Yogyakarta Telp. (0274)584186, 544180 Fax 518300
Email : spa_yogya@lycos.com http : http://www.spa_yogya.8m.com/
BNI’46 Cab. UGM No Rek. 228.005527316.901 a.n Katri Hari Sukarsih
Bank Mandiri Cab Gejayan Yogyakarta No. Rek. 137.00.0422661.5 a.n Imsyahatur R


I. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama : PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DAKWAH DAN PENDIDIKAN ANAK “SILATURRAHIM PECINTA ANAK-ANAK” (SPA) YOGYAKARTA.


II. DASAR PEMIKIRAN

“Dan hendaklah takut kepada Allah swt orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang meraka khawatirkan terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh karena itu, mereka hendaklah bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An Nisa’[4] : 9)

III. LATAR BELAKANG

Yayasan Pusat Dakwah dan Pendidikan Silaturrahim Pecinta Anak-anak (SPA)Yogyakarta adalah sebuah lembaga dakwah dan pendidikan anak yang didirikan pada tanggal 13 November 1985. Sejak awal kelahirannya, lembaga ini berkonsentrasi terjun secara aktif di lapangan dakwah di kalangan anak-anak dan remaja. Dan selama ini telah memiliki tanah dan gedung sendiri yang dipakai untuk kantor sekretariat. Namun karena perkembangan dan kebutuhan dari sebuah lembaga, keberadaan kantor tersebut masih jauh dari harapan bila disebut sebagai kantor sekretariat lembaga Islam dengan banyak devisi dan beragam kegiatan di dalamnya.

Sejak tahun 1990 SPA mengembangkan ladang garap pengajian anak-anak melalui jalur sekolah yaitu Program Tutorial Membaca Al Quran (PTMAQ) yang merupakan pilot project program wajib mengaji di sekolah bagi murid kelas 3 SD sekecamatan Depok.

Selain itu, sebagai salah satu lembaga Islam, SPA Yogyakarta secara khusus membentuk sebuah satuan tugas yang disebut Badan Pengelola Harian (BPH) Laboratorium Dakwah dan Pendidikan Anak (LABDADIKA), yang mengmban amanah untuk melakukan usaha-usaha research and development (R/D Litbang). Tugas pokoknya adalah melakukan upaya eksplorasi secara terus menerus terhadap pelbagai alternatif metode dan media untuk kepentingan peningkatan kualitas dakwah dan pendidikan di kalangan anak-anak. Alhamdulillah, upaya yang memutuhkan kreativitas yang tinggi ini ternyata berjalan dengan baik dan hasilnya telah dirasakan secara luas oleh berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

Keberhasilan ini mendorong pengurus untuk lebih mengembangakan dan mengentensifkan kegiatan research and development di atas agar dapat memberikan sumbangan yang lebih luas bagi gerakan dakwah dan pendidikan Islam di tanah air.

Hasil-hasil kegiatan R/D selama ini disebarluaskan melalui kegiatan penataran dan pelatihan oleh bidang khusus di SPA yang disebut Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Bina Insantama. Hampir setiap tahun LPP Bina Insantama SPA menyelenggarakan diklat khusus untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidikan baik di lembaga formal seperti TK/SD/SMP/SMU maupun lembaga pendidikan nonformal seperti PAA/TKA/TPA. Sampai sekarang, diklat ini telah diselenggarakan sampai angkatan XVI. Selain itu, tim Penatar dan Pelatih LABDADIKA SPA hampir tiap bulan harus berkeliling ke berbagai wilayah di tanah air untuk menatar dan melatih para aktivis dakwah dan pendidikan anak.

Selain melaksanakan tugas pokoknya untuk menyelenggarakan diklat, SPA juga mengadakan diklat-diklat lain yang dipandang strategis seperti Pelatihan Kader Organisasi, Training of Trainers, Pelatihan Quantum Learning & Quantum Teaching, Pelatihan Bercerita, Kuliah 100 jam (K-100), dan sebagainya.

Untuk memenuhi perannya secara optimal, SPA juga membutuhkan peningkatan sarana dan prasarana pendukung sehingga diklat dan berbagai aktivitas pendidikan Islam dapat terselenggara secara lebih efektif.

Dengan mengingat latar belakang di atas, SPA akan terus mengembangkan diri agar mampu berfungsi secara efektif sebagai lembaga pusat unggulan (center of exellence) dalam pengkajian dan pengembangan kualitas dakwah dan pendidikan anak serta pengembangan dan optimalisasi potensi sumber daya manusia muslim yang mampu berperan sebagai inisiator, inspirator, dinamisator, dan inovator dalam rangka maraih kejayaan Islam (lii’la-i kalimatillah)

IV. PERMASALAHAN

Tuntutan umat Islam agar Yayasan SPA mengembangkan diri sebagai lembaga yang semakin profesional dan mampu memerankan diri sebagai center of exellence di bidang dakwah dan pendidikan anak, memaksa pengurus menyusun program yang bersifat strategis. Salah satu program tersebut adalah renovasi gedung SPA menjadi kantor berlantai 2, dengan beberapa ruangan antara lain ruang pelatihan, gedung TK Islam, studio rekaman, sanggar seni islam dll.
Dengan mempertimbangkan kenyataan di atas, perlu dilakukan langkah-langkah konkrit untuk menyempurnakan gedung SPA baik dari segi fisik maupun sarana dan prasarana pendukung yang diperlukan. Dalam hal inilah, perlu disusun anggaran biaya yang diperlukan untuk melakukan renovasi dan sekaligus disusun suatu kepanitian khusus untuk menjadi pelaksana renovasi gedung SPA tersebut.

V. TUJUAN

Kegiatan/proyek renovasi ini diadakan dengan tujuan :
  1. Menyediakan fasilitas yang layak demi kelangsungan fungsi SPA
  2. Melaksanakan fungsi inovator dan fasilitator bagi pengembangan aktivis dakwah dan pendidikan anak-anak yang berorientasi ke masa depan
  3. Mengoptimalkan segenap potensi manusia dan sumber daya manusia muslim pelaku dakwah dan pendidikan anak.

VI. SUSUNAN PANITIA

Untuk melaksanakan rencana renovasi gedung SPA Yogyakarta diperlukan sebuah kepanitiaan. Susunan penitia terlampir.

VII. ANGGARAN BIAYA

Sumber dana untuk membiayai kegiatan ini diperoleh dari :

  1. Kas Yayasan SPA
  2. Infaq para pengurus Yayasan SPA
  3. Infaq para aktivis SPA dan sebagian panitia pelaksana
  4. Infaq para aktivis dakwah
  5. Sumbangan para donatur yang tidak mengikat
  6. Sponsor
  7. Sumber-sumber lain yang halal

VIII. PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan seperlunya. Atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu/Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Apabila dikemudian hari ditemukan kekeliruan, proposal ini akan segera disempurnakan.
Firman Allah :”………Bila engkau telah membulatkan tekad, maka bertaqwalah kepada Allah ……”(QS.3:158)


BADAN PEMBINA YAYASAN SPA

DEWAN PEMBINA :

  1. Ketua : Prof. Drs. H. Dochak Latif
  2. Wakil Ketua :
  3. Sekretaris : Dr. H. Zuchdi
  4. Anggota : Dr. H. Sarbiran
    Prof. Dr. Wuryadi

DEWAN PENGAWAS DAN PEMERIKSA :

  1. Ketua :
  2. Wakil Ketua : Drs. Ady Adaliah, M.M
  3. Sekretaris : Ir. Joko Prasojo

DEWAN PENYANTUN :

  1. Ketua : Prof. Dr. Hj. Aliyah Rasyid Baswedan
  2. Wakil Ketua : Drs. H. Rahmat Wahab, MA, MP
  3. Anggota : Prof. Dr. Noeng Muhadjir
    Dr. H. Chairil Anwar
    Drs. Supidjo Ronodikoro
    Dr. Zein Al Kaff
    Dr. Rasimin
    Drs. Ishack
    Ny. Maryono Marso
    Ny. Ulfah Hisyam
    Sukardjo
    Hayatullah Hasani
    Suryo Hadjam

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...