23 Maret 2008

Tahun Baru Resolusi Baru

Selamat Tahun Baru!
Memasuki tahun yang baru, boleh dibilang, beragam resolusi telah Anda pikirkan. Mungkin Anda menginginkan pekerjaan baru, merencanakan untuk meminta kenaikan gaji, atau mendapatkan promosi di tempat kerja Anda. Semua terserah Anda. Tapi, bagaimana membuat resolusi yang baik dan bisa menjadi kenyataan?

Apa saja langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk mewujudkannya?

Beberapa tips
berikut ini dapat Anda gunakan untuk mewujudkan harapan Anda di tahun 2008.

Miliki Arah yang Jelas
Resolusi harus dihadirkan secara nyata dalam pikiran Anda, jika Anda ingin mewujudkannya. Anda harus jujur dengan apa yang diinginkan. Jika Anda tak jujur dengan apa yang ingin Anda raih, mulailah dengan melihat apa yang telah Anda capai selama ini. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas, di mana posisi Anda pada saat ini.

Selanjutnya, tanyakan ke diri Anda, misalnya, apakah Anda menginginkan fleksibilitas, mengurangi stress, mengganti pekerjaan, atau memiliki tanggung jawab yang lebih? Nah, jawaban Anda akan menentukan kemana Anda harus melangkah.

Buat Langkah yang Harus Ditempuh
Konsultan HRD Terry Wilson-Malam, seperti dikutip Yahoo! Hot Jobs, mengungkapkan bahwa sebuah rencana kerja harus dapat diterapkan secara nyata. "Buat perencanaan yang bisa mendukung target kerja Anda," tambah Terry. Semua rencana kerja harus diikuti dengan langkah nyata. Fokuskan pada hal-hal kecil yang masuk akal terlebih dahulu.

Katakanlah Anda ingin mendapatkan promosi di kantor Anda. Sudahkah Anda mengevaluasi hasil kerja Anda selama ini, dibandingkan dengan pesaing Anda? Kalau Anda yakin kualitas pekerjaan Anda layak diacungi jempol, mengapa tak membuat langkah-langkah strategis untuk mendapatkan posisi yang diincar? Mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya, atau meningkatkan kemampuan bahasa asing, mungkin langkah awal yang dapat Anda lakukan.

Tentukan Hasil Akhir
Menentukan hasil akhir dari resolusi yang akan Anda buat sangat penting dilakukan. Akan seperti apa hasilnya nanti? Bagaimana seandainya resolusi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan? Bagaimana mengantisipasinya? Nah, untuk itu, maka Anda harus memahami secara jelas, bagaimana bentuk akhir dari rencana kerja yang telah disusun. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas, apa yang ingin dicapai dengan target Anda.

Menentukan hasil akhir dari resolusi yang telah Anda buat, akan menggambarkan sejauh mana persiapan yang telah Anda lakukan.

Tetap Fokus
Tetap fokus dengan apa yang menjadi resolusi Anda di tahun baru mutlak diperlukan. Tujuannya agar Anda tak kehilangan arah dengan apa yang telah direncanakan. Jika Anda berada pada sebuah pekerjaan untuk waktu yang relatif lama, maka akan menjadi sangat mudah untuk tak menyukainya. Namun, cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda. Dengan lebih fokus pada tujuan, maka akan membantu Anda untuk mewujudkan semua resolusi yang sudah Anda canangkan di tahun 2008 ini. (ymn/karir.com)

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...