19 Maret 2008

Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Impian Anda

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan impian kita bukanlah perkara yang mudah. Yang terjadi adalah: seorang sarjana seni, bekerja menjadi Wartawan. Atau, seorang Insinyur pertambangan, berkarir sebagai eksekutif di sebuah bank asing. Begitulah yang terjadi saat ini, ketika profesi telah berbelok jauh melewati latar belakang pendidikan formal seseorang.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda? Bagaimana agar mendapatkan bidang profesi yang Anda idamkan? Bagi Anda yang baru mulai berkarir, beberapa tips menarik berikut ini layak Anda disimak.

  1. Memahami Diri SendiriDefinisikan Sukses Anda. "Kita tak akan mudah untuk menemukan kebahagiaan jika kita tak pernah mendefiniskan kesuksesan seperti apa yang ingin kita raih," ujar Marlyn Walker, pendiri Right Turn on Red Career Assessment Center, seperti dikutip Yahoo! Hot Jobs. Anda harus mendefinisikan secara jelas standar kesuksesan seperti apa yang akan dicapai. Untuk itulah, kita harus melihat kekuatan dan kelemahan diri kita, dan tentukan kemana kita harus melangkah. Brainstorm. "Mulailah untuk mengadopsi kesuksesan dari rekan Anda," tambah Mike Beasley. Undanglah mereka yang Anda anggap sukses, lanjut konsultan pengembangan karir ini, untuk mendiskusikan ide-ide menarik seputar pengembangan karir. Tujuannya agar Anda lebih fokus terhadap perkembangan karir Anda. Dalam beberapa kasus, rekan kerja Anda lebih paham apa yang disukai atau tidak Anda sukai. Pahamilah dan jadikan masukan mereka sebagai referensi. Uji Diri Anda. Ikuti berbagai assessment test yang ada di berbagai konsultan sumber daya manusia, agar Anda mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Test berbasis psikologi tersebut memudahkan kita untuk memahami minat dan bakat, atau faktor-faktor kepribadian lainnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran lebih utuh, bagaimana memulai karir sesuai dengan latar belakang psikologis Anda.
  2. Lebih Fokus Memiliki Target. "Jadilah lebih teratur, dan tuliskan semua ide Anda di atas kertas," saran Bob Basile dari Career Coaching, Inc. Semua ide yang Anda tuliskan dapat dikumpulkan di "keranjang" ide, dan dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Jadikan ide-ide Anda sebagai sebuah target yang harus Anda capai. Lakukan Riset. Riset akan membantu Anda untuk menentukan kemana akan melangkah. Melalui riset, banyak informasi yang dapat Anda peroleh. Di antaranya profil perusahaan yang ingin Anda lamar, struktur gaji, posisi-posisi yang banyak dicari, dan sebagainya. Media internet dapat Anda gunakan untuk melakukan riset secara murah. Dan, jangan lupa untuk bergabung dengan situs karir.com, agar profil Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Membina Relasi. Bergabunglah dengan berbagai forum komunikasi untuk membina relasi. Mulailah dari orang terdekat Anda, sahabat-sahabat tercinta, sanak-saudara, teman semasa SMA atau ketika masih di universitas, atau gabung di berbagai milis di internet, adalah beberapa cara membina relasi. Tujuannya agar Anda tetap well informed dan bisa memanfaatkan jaringan tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi pekerjaan. Mengirimkan Lamaran. Setelah Anda melakukan berbagai langkah di atas, pastikan untuk segera mengirimkan lamaran. Siapkan surat lamaran Anda, dan pilih posisi yang sesuai dengan minat Anda. Jangan pernah beranggapan bahwa sebuah perusahaan yang tidak beriklan di kolom karir sebuah koran, tidak membutuhkan karyawan baru. Bisa jadi, posisi idaman Anda sedang dibutuhkan pada saat ini, dan mereka belum sempat untuk mengiklankannya. (ymn/karir.com)

Tidak ada komentar:

Merebut Masa Depan

Masa depan sukses pasti menjadi impian setiap orang, berbagai cara diupayakan untuk mencapainya. Standard tentunya sudah ditentukan lebih a...