30 Maret 2008

Pilih Mendorong atau Bersalaman


Coba Anda berdiri dan berhadapan dengan seseorang. Satukan telapak tangan Anda dengan orang tersebut kemudian dorong sekuat tenaga. Ketika mendorong orag tersebut akan bereaksi mempertahankan posisinya, bahkan mungkin akan balik mendorong Anda dengan kekuatan yang dasyat.
Dengan posisi yang sama dengan diatas, cobalah Anda ajak dia beralaman, kemudian untuk lebih afdol tangan kiri Anda tepuk-tepuk pada bahu dia. Bersamaan dengan itu secara perlahan doronglah orang itu kearah yang Anda inginkan sedikit demi sedikit dan secara pelahan, dengan begitu dia merasa tidak didorong tapi dia sudah pindah dari posisi semula seperti kita inginkan.
Dua skenario yang diperagakan oleh pakar Sumber daya Manusia (SDM) Gde Prama itu mengambbarkan bahwa jika kita mengunakan pendekatan yang bersahabat, kta menjad lebh gampang mengatur orang. Sebaliknya jika pendkatan yang dilakukan berupa pemaksan, sekalipun kita atasan, akan sulit mengerakkan bawahan untuk saling bekerja sama.
Pendekatan “bersalaman” itu terasa makin penting dalam menghadapi klim bisnis yang senantiasa berubah. Dlam aliansi yang belakangan makin ngetren misalnya, praktek SDM ditantang untuk mengelola mansia yang notabene bukan anggota organisasinya. Jika dalam kondisi seperti ini dilakukan falsafah mendorong diatas, bisa berabe jadinya. Manajemen SDM semakin dipengaruhi oleh logika-logika interaksi antar unsu.r
Dari situ dapat dilihat bahwa pendekatan formal seperti gaa komando, controllabliy, dan sisdur secara perlahan akan tergusur. Pendekatan yang kan banyak dipakai adalah yang menekankan pentingnya interaksi (konpetensi interaktif) dan kolabrasi. “Gaya-gaya formal akan menjadi termuseumkan dan tergantikan gaya yang lebih demokratis”, kata Gde. Perilaku perusahaan yang masih sering memeperkosa perbedaan dngan sejumlah ancaman juga kan turut hangus bersamaan dengan waktu.
Memang mengubah gaya yang sudah telanjur karatan bukan pekerjaan mudah. Setiap orang yang punya kedudukan masih sangat senang mengelola kekuasaan, perahan hanya erjadi jika terjadi perubahan pada power enter. Kesalahan dalam membaca letak powre center dapat mengakibatkan gagalnya keinginan megembangkan suatu nilai baru dalam praktek SDM.
Kecuali itu perubahan nilai pada SDM juga sangat dipengaruhi base value (nilai kultural yang telah melingkupi perusahaan) yang sudah mejadi bagian didalamnya. Nilai-nilai juga merupaka hasil inteaksi dengan budaya masyarakat sekitarnya. Misalnya Pabrik Gula madukismo sangat dipengaruhi budaya Yogyakarta, pabrik semen Gresik sangat dipengaruhi oleh budaya Jawa Timur, keduanya mempunyai perbedaan yang praktek SDM.
Alam kaitan inteaksi ini, perubahan yang juga harus dilakukan adalah mengubah cara pandang terhadap loyalitas karyawan. Soalnya sekarang ini loyalitas karyawan tidak kepada peusahaan melainkan lebih pada profesinya. Sehingga perusahaan yang tak inginSDMnya lari atau dibajak tak ada jalan lain haruslah menghargai keprofesionalan seseorang, bukan sekedar mengukurnya dengan lamanya waktu mengabdi di perusahaan
Jka perilaku perusahaan di Idonesia dala melakukan managing differiencies dan penghargaan profesi terhadap SDM-nya tak pernah baik maka akan segera jakrta yang selama ini banyak diserbu putra terbaik Indonesia , akan banyak dihuni SDM kelas dua, SDM kelas satunya dari lar negri.
Sekarang ini semakin berkembangnya bisnis dan makin langkanya profesiona, profesi tampaknya sudah mulai dihargai. Akuntan misalnya sejak deregulasi keuangan digelar menjadi profesi yang menggiurkan. Juga dokter terutama yan spesialis, dan wartawanpun pada beberapa media massa sudah menjadi profesi yang menjanjiakan.
Tapi bagaimanapun hebatnya keprofesonalan, pengembangan sangat tergantung dari perusahaan mengembangkan SDM-nya. Seperti tulisan semula apabila perusahaan mengembangkan dengan pendekatan interaktif dan koleoberatif dengan karyawan niscaya karyawan bersdia kalupun terpaksa beakit-sakit dahul.
Sebaliknya kalau perusahaan menggunakan pendekatan pemaksaan atas bawah, secara otomatis kaum profsional akan tergnggu ritme kerjanya, pendekaan yang kurang adaptif terhadap lingkunganpadagiliannyaakan merugikan perusahaan sendiri. “Kenyataan peruahaan adaptif lebih banyak yang berhasil dan sukses”.
Bersalamanlah jangan mendorong. OK

read more..

Rayakan Sendiri Prestasi Anda


Anda bekerja di divisi pemasaran ? Apa yang Anda lakukan bila sukses mencapai target penjalan ? jangan mennggu sampai bos memberikan tepukan di punggung Anda sebagai ungkapan pujan. Bob Nelson, penulis 1001 Ways to Reward Employees menagjurkan agar Anda merayakan sendiri prestasi Anda.
“Saat Anda berhasil mencapai target penjualan, belilah sesuatu untuk meayakannya sebagai momen indah untuk mengingat kesuksesan Anda,” kata Nelson dalam Selling. “Lakukan sesuatu yang bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda seperti memebeli rekaman berisi pendorong motivasi atau buku tentang strategi penjualan”.

read more..

Rayakan Sendiri Prestasi Anda


Anda bekerja di divisi pemasaran ? Apa yang Anda lakukan bila sukses mencapai target penjalan ? jangan mennggu sampai bos memberikan tepukan di punggung Anda sebagai ungkapan pujan. Bob Nelson, penulis 1001 Ways to Reward Employees menagjurkan agar Anda merayakan sendiri prestasi Anda.
“Saat Anda berhasil mencapai target penjualan, belilah sesuatu untuk meayakannya sebagai momen indah untuk mengingat kesuksesan Anda,” kata Nelson dalam Selling. “Lakukan sesuatu yang bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda seperti memebeli rekaman berisi pendorong motivasi atau buku tentang strategi penjualan”.

read more..

OE vs Strategi

Menurut Porter, Operational Effectiveness (OE) dan Strategi itu penting agar perusahaan bisa tampil bagus karena bagaimanapun juga kedua hal itu merupakan cara untuk memeperoleh tujuan utama peruahaan, apapun jenis perusahaan. Hanya cara-cara melakukannnya berbeda.
Menurutnya Strategi itu adalah jika anda berbeda dari orang lain. Jika anda tampil unik, membuat perbedaan anda pasti bisa bersaing. Tampil beda itu bisa dilakukan dengan dua hal yaitu :
1. menambah nilai kepada pelanggan
2. menciptakan nilai dengan biya murah
Kalau anda memeberikan nilai yang lebih, perusahaan bisa menaikkan harga setiap unit. Sebaliknya jika efisiensi bisa diutamakan, rata-rata biaya per unit lebih rendah.
Adapun Operational Effectiveness (OE) adalah menampilakan aktivitas serupa dengan pesaing tapi dengan tampilan yang lebih baik. Efisiensi pada dasarnya termasuk dalam OE, tetapi tidak hanya terbatas hanya itu. Efisiensi dengan cara misalnya mengurangi cacat produk atau mengembangkan produk yang lebih bagus dengan cara yang lebih cepat. Sebaliknya memposisikan strategi berarti menampilakn aktivitas-aktivitas berbeda dari aktivitas serupa yang dilakukan oleh pesaing dalam cara yang berbeda.

read more..

Bagaimana Menangani Penelpon Yang marah

Salah satu tugas Customer Servise adalah berhubungan dengan para pelanggan yang mengeluh, tidak puas, dan ingin protes. Ini adalah sebuah pekerjaan yang menantang. Menurut bottom Line / Bussines punya pesan yang bagus buat Anda yang berprofesi dibidang ini. Tulisnyakalau ada penelon yang marah, jangan pernah diperlakukan :

  • membuatnya menunggu
  • memutuskan hubugan teleponnya
  • mem-ping-pong dari satu departemen ke departemen lain

Jika Anda melanggar satu saja dari ketiganya sang penelponakan semakin marah. Ada sejumlah tips menghadapi mereka :

  • Dengan sabar dengarlah apa maksud pelanggan menelpon
  • Jangan pernah menyela jika memang penting bagi Anda untuk menjernihkan sesuatu.
    terimalah keluhannya. Tegaskan kepedulian Anda dengan kalimat : “ saya memahami bagaimana bingungnya Ada”.
  • Jika pelanggan meninggikan volume suaranya, Anda harus segera merendahkan volume suara Anda.
  • katakan apa yang akan Anda lakukan . Berbicaralah pelan tapi mantap dan ucapkan setiap kata dengan jelas.

Apakah kemudian Anda sendiri yangmenyelesikan masalah atau berjanji menyampaikan pada oang lain yang bsa menanganinya, lakukan dan simpan catatan setiap keluhan dan bagaimana pada akhirnya diselesaikan. Yakinkan pada penelpon bahw segala sesuatu diperhatikan demi kepuasan pelanggan.

read more..

Berserah

Kadang ada datang menjelang
Kadang pergi jauh menghilang
Harapan menjulang tinggi
Harapan pupus
Semua hadir tumpang tindih
Semua hilang tanpa suara
Alam pikran sepi
Alam pikiran penuh sesak
Tumpah ruah
Tumpuk
Jadi
satu
Mengingat – Mu
Ku jadi luruh
Yaa Allah
Ku berserah
Dengan
segala
Ikhtiar
Dan
doaku
Berilah
yang terbaik
untukku

Maret 2008

read more..

Asal usul Strategic Position

Menurut Porter, Posisi Strategis (Strategic Positions) berasal dari tiga sumber yang berbeda yang masing-masing ekslusif dan satu sama yang lain seringkali tumpah tindih.
Pertama disebut sebagai variety – based positioning (pemosisian berdasarkan ragam), karena positioning ini didasarkan pada pilihan beragam produk atau jasa dan bukan berdasarkan segmen pelanggan. Jenis pemosisian ini bisa mendatangkan nilai ekonoms tinggi bila perusahan dapat menghasilkan produk atau jasa khusus menggunakan serangkaian aktivitas yang berbeda.
Kedua memposisikan didasarkan pada melayani sebagian besar atau seluruh kebutuhan sekelompok pelanggan tertentu, pemosisian ini lebih dekat dengan pelanggan, yang dinamakan needs-based positioning. Pemosisian ini tejadi bila ada kelompok pelanggan dengan kebutuhan berbeda, dan serangkaian akivitas disesuaikan agar dapat melayani kebutuhan mereka dengan baik. Karena sebagian kelompok pelanggan lebih sensitf terhadap harga daripada lainnya, menuntut ciri-ciri produk yang berbeda, dan memerlukan sejumlah informasi yang beragam, dukungan dan jasa.
Ketiga didasarkan pada pelanggan yang terpecah-pecah dan yang memliki akses ke berbagai cara. Kendati kebutuhan mereka mirip dengan kebutuhan pelanggan lain, aktivitas untuk memenuhi mereka harus berbeda. Pemosisian ini dinamakan sebagai acces based potisioning. Segmentasi lewat akes kurang dikenal dan kurang dipahami katimbang dua yang lainnya.
Setelah mendefinisikan pemosisian, kita kini dapat mulai menjawab pertanyaan. “Apakah strategi itu ?” Strategi adalah potisioning yang unik dan beragam yang melibatkan serangkaian aktivitas.
Inti Strategic Potisioning adalah memilih aktivitas yang berbeda dari yang lain.

read more..

Mauli nabi Muhammad

Peringatan di Masjid Darul Muttaqin Bateng Tiga tahun ini yang telah direncanakan tepat pada malam maulid, tetapi kemudian diundur untuk menghormati Bapak Tamani jamaah masjid yang dipanggil Allah untuk menghadapnya karena serangan strok yang kedua pada pagi subuh hari itu. Pembicara malam itu seharusnya Bapak H.Aunurohim Faqih , SH., M. Hum Dosen UII, yang sorenya saya datangi sudah siap. Konsumsinya pun sudah dipersipkan oleh ibu-ibu akhirnya dialihkan untuk tahlilan pada malam harinya di rumah duka.
Satu minggu kemudian acara dilangsungkan dengan pembicara Ustad H. Muhammad Jazir yang menghubungi Bu Bambang, beliau adalah Ketua Takmir Masjid Jogokaryan yang pada saat sekarang ini menjadi percontohan masjid-masjid yang lain karena pengurusnya mampu merubah masjid tidak hanya tempat ibadah mahdoh tetapi menjadi Kampung Muslim, pusat pelayanan masyarakat, kegiatan di mulai tahun 2000 kini tahun 2008 jadi selama delapan tahun sudah mampu unjuk prestasi, ini yang perlu diteladani
Pengajian malam itu baru bisa dimulai pukul 08.45 karena memang jarak Jogokaryan ke Banteng Tiga cukup memerlukan waktu terutama dijalanan kota banyak lampu bangjo dan kendaraan padat merayap. Acara tetap saya buka pukul delapan dan untuk menunggu pembicara saya isi dengan pengumuman dan interaktif antara pengurus dan jamaah, ternyata tidak sa-sia waktu tunggu itu sebab acara inter aktif banyak permasalahan yang bisa dimunculkan dan dibahas bersama. Permasalahan yang menajadi tema pokok adalah bagaimana memakmurkan masjid yang kini sepi dari kegiatan.
Menarik itulah kata yang tepat untuk pengajian maulid nabi saat ini tampak dari jamaah walaupun sudah lewat pukul sepuluh mereka masih menyimak dengan baik bahkan acara tanya jawabpun masih berlangsung gayeng. Ustad mengawali ceramah dengan menceritakan bagaimanan muasal peringatan maulid nabi diselenggrakan, kemudian keteladan nabi dan diakhiri kiat beliau selama ini mengelola Masjid Jogkaryan sehinga bisa menjadi Kampung Muslim, dan menjadi masjid percontohan, yang kini membawahi 6 mushola, menjadi tujuan untuk kunjugan studi banding rata-rata 5 kali dalam seminggu. Banyak peneliti menjadikan Masjid Jogokaryan sebagai bahan penelitian tidak hanya dari Indonesia saja, bahkan dari luar negeri seperti Jepang, Amerika tidak hanya muslim, non muslim pun ikut meneliti.

Kiat-kiat yang sukses diterapkan selama ini :

  • Konsep dasar masjid adalah MELAYANI.
  • Membuat data base (bisa kopi software) dengan maksud :
    * Menentukan wilayah dakwah
    * Mengetahui anatomi jamaah
    * Azan untuk siapa
  • Mengelola remaja dengan kosep bahwa : “REMAJA DOYAN SEGO ORA DOYAN SUARA”.
  • Dapur dibuat tanpa pintu disediakan alat masak dan bahan masak sehingga membuat remaja betah
  • Mencipta kegiatan akan mendatangkan kemitraan.
  • Media masjid seperti TV komunitas bisa interaktif 6 KM, percetakan dengan sentuhan ini akan mengalahkan sistem proposal.
  • Infaq mandiri per tempat sholat Rp. 1.500,00 diberikan bulanan dengan maksud setiap jamaah betanggung jawab memelihara, membiayai masjidnya sendiri.
  • Infaq sholat shubuh perjamah Rp. 1.000,00 diberikan harian
  • Azan dilengkapi surat undangan maksudnya bagi merek a yang belum jamaah diberi undangan sholat berjamaah.
  • Undangan dilengkapi uraian manfaat
  • Layanan kesehatan jamaah
  • Layanan inap musafir selama tiga hari
  • Khotbah Jumat, untuk khotibnya ditentukan lama kotbahnya dan tema ditentukan, direkam kemudian dicetak.
  • Pengajian peringatan hari besar diawali sholat berjamaah
  • Gerakan sholat berjamaah ada door prize, pengurus memberikan rasa kesenangan, hal ini tidak akan merubah niat jamaah.
  • Evaluasi jamaah
  • Jika ada jamaah yang tidak nampak tiga hari ditengok bersama-sama.
  • Orang meninggal muslim dibawa ke masjid
  • Lelayu yang menyuguh masjid, termasuk penyediaan sound system, uang takjiyah tetap diberikan keluarga yang meninggal
  • Pemberian modal usaha untuk jamaah
  • Santunan/ binaan dana untuk non warga yang punya usaha diwilayah sekitar.

read more..

Pengajian Nur Hidayah

Pengajian rutin setiap malam Jumat Kliwon jamaah Pengajian Nur Hidayah Sedogan untuk bulan Maret 2008 ini menempati rumah bapak Martodiharjo sesuai hasil arisan yang dijadikan sarana menentukan tempat pengajian bulan berikutnya, acara kali ini diisi mujahadah yag dipimpin oleh Bapak Sunarto, Rois Sinduharjo selatan yang juga ketua pengajian Nur Hidayah. Dalam acara Pengajian Jumat Kliwon selalu ada pembacaan kalimah thoyibah hanya bentuknya tidak selalu sama, yang paling sering adalah membaca surat yasin dan dilanjutkan tahlil. Sebagai pembawa acara tetap saya diawal pengajian selalu bertanya dulu kepada ketua dan shohibul hajat acara mau diisi apa dan bagimana karena untuk meyusun pengalokasian waktu yang telah disepakiti cukup dua jam setiap pengajian yang dimulai pukul delapan dan usai pukul sepuluh.
Pengajian ini didirikan sekitar tahun delapan puluhan pada saat itu acara tahlilan hanya berlangsung pada peringatan orang meninggal dan yasinan dibacakan jika ada orang sakit yang tak kunjung sembuh. Pada saat itu muslim di Sedogan masih banyak yang abangan dalam artian tidak menjalankan sholat dari sekitar sepuluh kepala keluarga baru dua rumah yang menjalankan sholat lima waktu. Akan tetapi jika acara tahlilan hampir seluruh warga datang, oleh karena itu wadah ini dijadikan sarana pembinaan.
Dalam perjalanan waktu organisasi ini mengalami pasang surut dan baru Januari 2007 diadakan penyegaran kepengurusan dengan maksud agar punya energi baru. Alhamdulillah setelah satu tahun berjalan sudah ada hasilnya pengajian rutin jumat kliwon berlagsung terus dan setiap malam jumat kegiatan rutin berjalan juga dengan variasi acara, terutama mengakomodir mereka yang punya keahlian seperti kesenian tetapi belum suka sholat apalagi sholat jamaah di masjid walau dekat. Grup barzanji atau dibaan sudah bisa tampil pada acara-acara seperti kelahiran bayi, tujuhbelasan.
Meski demikian masih menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pengurus untuk memberikan kesadaran agar muslim Sedogan punya kewajiban sholat wajib lima waktu sehari semalam dan bisa berbondong-bondong ke masjid ketika azan tiba. Memang prosenatse jamaah yang ke masjid ketika azan tiba relatif masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah warga muslim Sedogan terutama remaja dan pemudanya serasa gersang.

read more..

27 Maret 2008

Ultah Ardi ke 6

27 Maret adalah hari ulang tahun Ardi dan tahun ini adalah ulang tahun ke 6, untuk tahun ini entah dari mana idenya minta dirayakan di sekolah, mungkin melihat temannya ada yang dirayakan disekolah. Oleh ibunya dirayu dirayakan tapi di rumah saja nanti tetap dibelikan tarat, anaknya setuju, karena anaknya selama ini akomodatif tidak terlalu menuntu seandainya punya keinginan selama kita bisa memeberi argumn yang tepat.
Dua sore saya bersama istri dan galuh serta ardi survey sepanjang jakal dan jalan affandi dari mirota kampus, mirota gejayan merdeka leaf dan entah mana lagi, anaknya ada yang cocok sebab pada roti ada power rangersnya tapi harga tiga ratus ribu " wah terlalu mahal", "berapa to bu?," "tiga ratus ribu", "uangnya banyak ?", " nanti kita cari yang murah dan dihiasi sendiri naruto, khan sama saja" , "ya deeeh" nakanya setuju.
Maghrib sepulang jamaah di masjid saya mikir wah ini tak ada anggaran, akhirnya saya coba cari amplopan yang belum dibuka, menjadi kebiasaan saya apabila mendapat amplop apapun yang sifatnya insidentil tidak langung dibuka tapi di simpan digunakan sewaktu emergency. Benar saya ambil tas dan buka di sela-sela map tiket saya pilih amplop dari gama informatika , saya serahkan galuh untuk membuk,disobeknya "waaaah" ternyata isisnya empat ratus ribu, saya tak percaya kok amat banyak karena proyek itu saya takl banyak kerja. saya telpon kampus gama informatika tanya nomer hp mbak umi yang dulu nyerahin amplop katanya benar tak salah. Alhamdulillah uang saya serakhan istri seratus saya ambil rencana untuk beli ram komputer.
Usai makan malam dan sholat isa' saya dam istri belanja snsak untuk keperluan ultah di Pasar Kolombo. Esoknya usai sekolah ardi pilih tart di pasar kranggan bersama saya dan ibu saya ajak takut rotinya rusak dan ardi ngantuk kalau dijalan. Saya yang bayar yaah tak jadi beli ram uang untuk beli tart. memang ini rejeki ardi sudahlah nanti ada rejeki lai.
Sore ultah yang diundang cuma serumah saja kakung, uti, awik, tata, saya, ibunya, isti dan reza taman main, tak jadi biru dana mimi karena kebetulan sore itu jujan lebat disertai angin dan petir, jadi mereka ditelpon tak usah datang saja hujan deras, mereka mau datang minggu. Acara berlangsung lancar penuh kesederhaaan.
Inilah yang dikatakan bahwa rejeki sebenarnya sudah ditata Allh tak perlu risau, selama ini saya kalau mau punya hajat alhamdulillah tercukupi walau tak punya tabungan, semua selalu dicukupi oleh Allah entah dari mana datangnya semua itu tapi pasti ada. Akan tetapi manajemen hati atau menata hati yang belum bisa total selama ini masih sering ada kerisauan, diumurku yang sudah seharusnya mapan dalam penataan hati ternyata masih selalu proses, dan entah sampai kapan. Harapanku semoga proses kepasrahanku bisa total dan happy ending husnul khotimah amin.

read more..

26 Maret 2008

Festival 1000 Pedagang Mie dan bakso

Sabtu, 22 Maret 2008 aku bersama istri dan kedua anakku Galuh dan Ardi ke Jogja Expo Centre mendatangi Festival 1000 Pedagang Mie dan Bakso, liburan panjang dan makan gratis yang medorong kami kesana. Berita ini saya peroleh dari koran yang kemudian saya ceritakan kepada istri. Di koran diberitakan untuk ikut bisa ambil vhocher dibeberapa tempat ditentukan, langsung istriku angkat gagang telpon menelpon tempat pengambilan vhocer ternyata sudah banyak yang habis katanya karena memang hari itu sudah hari jumat dan korannya hari rabu, dari sekian tempat ada yang meginformasikan alamat tertentu awalnya dijawab habis, kemudian istri telpon ulang memprkenalkan diri bahwa dia pegawai BTKL, eee kok langsnng di katakan masih bahkan siap mengantar. Akhirnya vhoucer diantar 10 lembar, ketika mengantar pengantar memperkenalkan diri sebagai panitia dan dia sendiri pegawai BPR Arta ?. (lupa)
Voucher saya amati kertas bagus, cetakan bagus, acara tercantum semua bagus temasuk jadwal pengambilan jatah makan dibagi beberapa gelombang, sistematikanya bagus. Pada tataran pelaksanaan jauh dari rencana terutama makan gratisnya, karena saya datang jam 13.00 disitu banyak sudah pedagang yang dagangannya sudah habis ludes. Terutama dibagian pintu masuk. Saya coba amati ternyata jadwal tertera pada vhocher tidak berlaku, setiap pengunjung langsung bisa makan tidak harus sesuai jadwal tidak hanya itu tidak bawa vocher pun bisa pesan, bahkan bisa membungkus. Tidak sedikit pengunjung datang pesan membungks lebih dari satu bungkus di satu pedagang dan pesan lagi di pedagang yang lain. Rupanya ini yang menjadi sebab belum selesai acara sesuai jadwal tapi dagangan habis ludes sehingga pengunjung akhir tak mendapat bagian.
Ketika menikmati bakso saya mecoba merenung sebenarnya perencanaan festival ini sudah baik tapi hanya baru pada tataran perencanaan yaitu baik diatas kertas, perlu dievaluasi agar yang akan datang lebih baik. Bukankah kejadian seperti ini adalah sesuatu yang lazim diseluruh segi kehidpan di negara kita, atau bahkan bisa disebut membudaya, budaya yang perlu dievaluasi. Kondisi negara kita kurang lebih hampir mirip dengan festival ini banyak perarturan yang ada sudah baik tapi baru hiasan sehingga kondisi negara scara umum memprihatinkan sembako melonjak tak terjangkau rakyat yang berakibat banyaknya penyakit, kriminalitas merebak, korupsi tak tertahankan baik oleh pejabat, rakyat bahkan ulama pun ambil bagian dan entah apa lagi.
Siapa yang harus bertanggung jawab atas semua ini, saya pikir kalaupun kita setiap warga negara secara sadar mencoba belajar mencipta budaya baru yang lebih baik dari yang sudah semua pasti akan bisa berubah, karena peraturan sebaik apapun tergantung si pelaku seperti apa yang dikatakan oleh UUD 45. Bagaimana ?....... setuju!

read more..

23 Maret 2008

If you give a man fish, he will have a meal.
If you teach him to fish, he will have living.
If you are thingking a year ahead, sow seed.
If you are thingking ten years ahead, plant a tree.
If you are thingking a hunded years ahead, educated the people.
By sowing a seed one, you will harvest once.
By planting a tree, you will harvest tenfod.
By educating the people, you will harvest one hndredfold.

Anonymous Chinese poet, c.420. B.C.

read more..

WIRASWASTA INDONESIA

Azas Kewirausahaan Indonesia

Wirausaha berhasil menuntut :

  • Kemampuan yang kuat untuk berkarya dengan semangat mandiri.
  • Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan temasuk keberanian mengambil resiko.
  • Kemampuan berfikir dan bertindak kreatif dan novatif.
  • Sikap kerja yang teliti, tekun dan produktif.
  • kemampuan menejerial, dan akrab dengan lingkungan untuk berkrya dalam kebersamaan berlandaskan etika bisnis yang sehat.

    Wirausaha Unggul
  • Berani mengambil resiko dan mampumemeperhitugkannya dalam pengelolaan kegiaan usaha.
  • Berupaya untuk selalu mencapai dan menhasilkan karya yang tebaik untuk pelanggan, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Selalu bersikap antisipatif tehadap perubahan dan bersikap akomodatif terhadap lingkgan usaha.
  • Selalu bertindak kreatif dalam mencari dan menciptakan peluang pasar serta eningkatkan produktifitas kerja da efisiensi usaha.
  • Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dancitra perusahaan melalui berbagi inovasi baru diberbagi bidang usaha.

    Wirausaha Tangguh
  • Mampu berfikir dan bertindak strategis serta adaptif terhadap perubahan dalam mencari peluang usaha dan mengatasi berbagai masalah.
  • Berupaya untuk selalu memeperoleh keuntungan dengan menggunakan bebagai keunggulan untuk memeuaskan pelanggan.
  • Berupaya mengenali dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahan denan meningkatkan kemampuan sisitim pengendalian internal.
  • Berupaya untuk selalu meningkakan kemampuan dan ketangguhan perusahaannya terutama melalui pembinaan motivasi semangat kerja serta pemupukan modal.

    Wirausaha Handal
  • Memiliki percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi dalam beupaya mencar penghasilan dan keuntungan melalui pengembangan usaha perusahaan.
  • Mau dn mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melalkukan hal-hal yang diperlukan untuk memanfaatkannya.
  • Mau dan mampu bekerja keras sera tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mengupayakan cara kerja yang lebih tepat dan efisien.
  • Mau dan mampu berkomunikasi melakukan tawar menawar dan musyawarah dengan bebagai fihak yang besar pengaruhnya bagi kemajuan usaha terrutama pembeli atau pelanggan.
  • Menghadapi kehidupan dan menangani usaha secara terencana jujur hemat dan disiplin.
  • Mencintai kegiatan usahanya dan perusahaannnya serta lugas dan tangguh tapi cukup luwes untuk melindunginya.
  • Mau dan mampu meningkatkan kemampuan diri semdiri dan perusahaannya dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha degan resiko yang moderat.
  • Berupaya mengenal dan mengendalikan lingkungan kerjanya serta menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.


    Pembudayaan Kewirausahan.
  • Memasyarakatkan secara luas pengertian dan asas kewirausahaan untuk mendukung upaya mewujudkan kemampuan berusaha yang dapat mengahsilan kesejaheraan masyarakat pada umumnya, kesehateraan pengusha keil pada khususnya.
  • Menumbuhkan dan mmeperkuat kesadran serta orientasi kewirausahaan yang mampu mendorong terwuudnya sejumlah wirausaha handal tangguh dan nggul dalam dinamika kehidupan perekonomian nasional
  • Membudayakan sikap dan perilaku kewirausahaan di kallngan pengusaha kecil , aggota koperasi dan generasi muda untuk meningkatkan sumbangan mereka kepada pembanguna nasional sekarang dan masa yang akan datang.

read more..

KEWIRASWASTAAN

Wiraswasta
Wira berarti utama, gagah, luhur, beani, teladan.
Swa berarti sendiri.
Swasta berarti berdiri atas kemampuan sendiri.
Wiraswasta sifat-sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Wirausaha

  • Mereka yang menerima resiko keuangan dari pendirian, pengoperasian dan pengelolaan peusahaan atau usahanya,
  • Mereka yang mendirikan mengelola, mengembangkan dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.
  • Mereka yang dapat mencipatakan kerja bagi dirinya sendiri dan bagi oang lain dengan berswadaya.

    Kewirausahaan
    Tanggapan terhadap peluang usaha yang terungakap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa “Organisasi Usaha” yang melembaga, produktif dan inovatif.

    Konsep Dasar Pengembangan Wirausaha
  • Wirausaha harus membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab bagi kputusan dan tindakannya.
  • Wirausaha tidak boleh disuapi dengan pelayanan, tetapi harus belajar untuk menjadi mandiri secepat mngkin.
  • Bertmpu kepada energi kreatifitas dan kekuatan sendiri untuk memecahkan permasalahannya sendiri.

    Esensi Pokok Kewirausaan
  • Kemauan, kemampuan dan kesempatan.
  • Kemauan yang kuat untuk berkarya dengan semangat sendiri.
  • Tekun. Teliti dan produktif.
  • Membuat keputusan dan mengambil resiko.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Kebersamaan dan etika bisns.

    Kualitas diri Wirausaha
  • Motivasi berprestasi tinggi.
  • Tingkah laku yang berorientasi pada tercapainya prestasi/hasil kerja, tujuan dan tindakkannya selalu diarahkan pada keberhasilan usaha.
  • Kemampuan memimpin
  • Berfikir, kreatif, penuh inisiatif dan inovatif.
  • Berorientasi kemasa depan
  • Mampu merencanakan untuk jangka waktu yang spesifik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Keberanian mengambil keputusan.
  • Keputusan tadi dapat dengan cepat dan tepat untuk memecahkan pemasalahan untuk kebujaksanaan, strategi dan tak tik.
  • Keberanian mengambil resiko dan moderat.
  • Kemampuan melihat peluang keberhasilan / kegagalan dlam usaha dan keberanian mengambl resiko yang moderat.
  • Kemampuan untuk kerjasama
  • Kesdiaan untuk memahami kelemahan orang lain dan berorientasi kepada pencapaian tjuan kelopok dalam menyelesaikan suatu masalah.
    Kemampuan bekeja secara sendiri
  • Kemampuan untuk melakuakn suatu tugas dengan tanpa dukungan orang lain
    Kemampuan unuk berkomunikasi
  • Kesediaan untuk menjadi pembicara dan juga sbagai pendengar yang baik dan serius dalam berinteraksi dengan orang lain.
  • Bersikap Optimis.
    Sikap pantang menyerah dalam menhadapi rintangan dan maju terys untuk mencapai sukses.

    Pengkajian terhadap sejumlah kualitas diri kita sediri perlu diadakan intropeksi diri dengan melihat sampai seberapa jauh kalitas diri terebut sesuai dengn diri kia masing-masing.

    Ukuran Keberhasilan Wirausahawan
  • Kelangsungan hidup perusahaan.
  • Penyediaan lapangan keja bagi masyaraka sekitarnya.
  • peningkatan kesjahteaan
  • Peningkatan ualitas hidu para pemakai produk.
  • Memperbaiki kualitas lingungan dari lokasi usahanya.

    Segenap Kegiatan Bermula Degan Perencanaan.
    Kelangkaan dan keserbakekurangan atas faktor=faktor produksi sangat dimaklmi dan merupakan dorongan untuk mengatasi problematika tersebut.
    Wirausahawan dituntut ntuk merencanakan dan membuat perencanaan yang jelas tujuan dan sasrannya, obyektif, fleksibel, lengkap, integrated, praktis, dan pragmatis, serta mudah dalam pengendalian dan pengawasannya.
    Rencana yang disajikan menggambarkan :
  • Kegiaan berprestasi.
  • Kebutuhan
  • Aktifitas.
  • Harapan keberhasilan
  • Bayangankegagalan.
  • Hambatan pribadi.
  • Tindakan untuk mengatasi hambatan
  • Keseluruhan program tersebut harus menggambarkan kegiatan yang berprestasi.

    Wirausahawan akan selalu berpijak pula pada pengalaman-pengalaman dari masa yang lampau, termask dalam pembuatan perencanaan dan kelayakan usaha yang wajar rasional dan juga penguasaan produksi, penyaluran / distribusi, pemasaran, persaingan, promosi, pendanaan, pengadmistrasian, personalia dan lain sbaginya selalu dikembangkan dan ditingkatkan untuk masa depan sesuai tuntutan masyarakat.

read more..

Kebiasaan Buruk yang Dibenci Atasan Anda

Dunia kerja yang kompetitif menuntut banyak hal. Di samping profesionalisme kerja yang tinggi, sebagai seorang bawahan, Anda dituntut untuk menciptakan kebiasaan positif di lingkungan kerja Anda. Tujuannya agar tercipta iklim kerja yang kondusif. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang kurang disukai oleh atasan Anda? Bagaimana cara Anda menyikapinya?

Berikut ini kami tampilkan, apa saja kebiasaan buruk, seperti dirilis situs Ask Men, yang kurang disukai oleh atasan Anda :

Tak Ada Inisiatif
Kesibukan yang padat dan banyaknya meeting di luar kantor, seringkali membuat atasan Anda tak memiliki waktu untuk menjelaskan detail pekerjaan kepada Anda. Sebaiknya, jangan menunggu hal itu terjadi. Sebagai seorang profesional, Anda seharusnya memiliki inisiatif untuk mempelajari detail pekerjaan yang menjadi tugas Anda. Dengan inisiatif yang tinggi, atasan akan melihat kesungguhan kerja Anda.

Kurangnya inisiatif akan mengurangi kepercayaan atasan terhadap Anda. Secara tak langsung, Anda telah menunjukan impresi negatif. Cobalah tunjukan bahwa Anda telah membawa kemajuan dan keseriusan terhadap pekerjaan Anda.

Terlalu Banyak Inisiatif
Inisiatif yang berlebihan juga tak disukai oleh atasan Anda. Jadi, berhati-hatilah dengan hal tersebut. Maksud hati ingin menunjukan kesan seorang pekerja keras, malah akan menunjukan kesan kurang efisien. Banyak di antara kita yang sering melakukan hal tersebut. Misalnya, menambah grafis warna-warni dari sebuah tugas kantor, yang seharusnya tak perlu dilakukan. Atau menyisipkan video film kesayangan pada materi presentasi mingguan.

Terlalu banyak inisiatif ketika mengerjakan sebuah tugas penting, dapat memberikan celah untuk memasuki wilayah kerja orang lain. Anda mungkin terlena dengan ide liar yang tak terkendali itu, dan akhirnya melupakan struktur organisasi perusahaan Anda. Jadi, mengapa membuang waktu Anda dengan mengerjakan sesuatu yang berlebihan?

Banyak Alasan
Terlalu banyak alasan adalah kebiasaan yang paling tak disukai oleh atasan Anda. Seandainya Anda membeberkan alasan kepadanya, ini berarti Anda telah mengabaikan beberapa tanggungjawab yang telah diberikan. Kesan yang timbul adalah: Anda sedang berusaha untuk mempertahankan diri dengan sejuta alasan."Laporan penjualan tak dapat saya kerjakan pada hari ini, karena komputernya bermasalah. Saya telah menghubungi Departemen IT, tapi belum mendapat respons". Banyak lagi alasan lain yang dapat disebutkan.

Sebuah "alasan" sering menciptakan banyak masalah baru, dan tidak menjawab masalah yang sebenarnya, yaitu kesalahan Anda. Benar atau tidaknya alasan Anda, kesan yang kemudian muncul adalah: Anda tak becus mengerjakan tugas yang diberikan. Sadari dan perbaiki kekeliruan yang telah Anda lakukan, jangan berargumen tanpa niat baik untuk menyadari kesalahan Anda.

Sering Mengeluh
Anda sering mengeluh masalah pekerjaan dengan rekan kerja atau atasan Anda? Jangan pernah melakukannya lagi. Mengeluh adalah kebiasaan buruk yang akan merugikan diri Anda. Keluhan berbeda dengan kritikan. Keluhan lebih bersifat subyektif , dan setiap orang dapat melakukannya. Sedangkan kritikan lebih bersifat membangun, karena bertujuan untuk mengoreksi sesuatu yang dianggap salah. Mengeluh di hadapan kekasih, atau menuliskannya di blog pribadi Anda, adalah pilihan yang bijak.

Terlalu Banyak Bertanya
Tak ada yang salah dengan menanyakan sesuatu kepada orang lain. Anda memang membutuhkan instruksi yang jelas, sebelum menggarap setumpuk tugas kantor. Namun, terlalu banyak bertanya, apalagi menanyakan pertanyaan yang kurang cerdas, akan membebani dan menghabiskan waktu atasan Anda. Pada gilirannya, atasan Anda akan berpikir dua kali untuk memberikan tugas penting kepada Anda. Kalau sudah begini, jangan berharap terlalu banyak untuk dipromosikan. (ymn/karir.com)

read more..

Tahun Baru Resolusi Baru

Selamat Tahun Baru!
Memasuki tahun yang baru, boleh dibilang, beragam resolusi telah Anda pikirkan. Mungkin Anda menginginkan pekerjaan baru, merencanakan untuk meminta kenaikan gaji, atau mendapatkan promosi di tempat kerja Anda. Semua terserah Anda. Tapi, bagaimana membuat resolusi yang baik dan bisa menjadi kenyataan?

Apa saja langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk mewujudkannya?

Beberapa tips
berikut ini dapat Anda gunakan untuk mewujudkan harapan Anda di tahun 2008.

Miliki Arah yang Jelas
Resolusi harus dihadirkan secara nyata dalam pikiran Anda, jika Anda ingin mewujudkannya. Anda harus jujur dengan apa yang diinginkan. Jika Anda tak jujur dengan apa yang ingin Anda raih, mulailah dengan melihat apa yang telah Anda capai selama ini. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas, di mana posisi Anda pada saat ini.

Selanjutnya, tanyakan ke diri Anda, misalnya, apakah Anda menginginkan fleksibilitas, mengurangi stress, mengganti pekerjaan, atau memiliki tanggung jawab yang lebih? Nah, jawaban Anda akan menentukan kemana Anda harus melangkah.

Buat Langkah yang Harus Ditempuh
Konsultan HRD Terry Wilson-Malam, seperti dikutip Yahoo! Hot Jobs, mengungkapkan bahwa sebuah rencana kerja harus dapat diterapkan secara nyata. "Buat perencanaan yang bisa mendukung target kerja Anda," tambah Terry. Semua rencana kerja harus diikuti dengan langkah nyata. Fokuskan pada hal-hal kecil yang masuk akal terlebih dahulu.

Katakanlah Anda ingin mendapatkan promosi di kantor Anda. Sudahkah Anda mengevaluasi hasil kerja Anda selama ini, dibandingkan dengan pesaing Anda? Kalau Anda yakin kualitas pekerjaan Anda layak diacungi jempol, mengapa tak membuat langkah-langkah strategis untuk mendapatkan posisi yang diincar? Mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya, atau meningkatkan kemampuan bahasa asing, mungkin langkah awal yang dapat Anda lakukan.

Tentukan Hasil Akhir
Menentukan hasil akhir dari resolusi yang akan Anda buat sangat penting dilakukan. Akan seperti apa hasilnya nanti? Bagaimana seandainya resolusi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan? Bagaimana mengantisipasinya? Nah, untuk itu, maka Anda harus memahami secara jelas, bagaimana bentuk akhir dari rencana kerja yang telah disusun. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas, apa yang ingin dicapai dengan target Anda.

Menentukan hasil akhir dari resolusi yang telah Anda buat, akan menggambarkan sejauh mana persiapan yang telah Anda lakukan.

Tetap Fokus
Tetap fokus dengan apa yang menjadi resolusi Anda di tahun baru mutlak diperlukan. Tujuannya agar Anda tak kehilangan arah dengan apa yang telah direncanakan. Jika Anda berada pada sebuah pekerjaan untuk waktu yang relatif lama, maka akan menjadi sangat mudah untuk tak menyukainya. Namun, cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda. Dengan lebih fokus pada tujuan, maka akan membantu Anda untuk mewujudkan semua resolusi yang sudah Anda canangkan di tahun 2008 ini. (ymn/karir.com)

read more..

21 Maret 2008

Sudahkah Resume Anda Ditulis dengan Benar

Bosan dengan pekerjaan Anda saat ini? Atau, Anda ingin mencari peluang kerja baru yang lebih dinamis dan menantang? Awal tahun seperti ini adalah saat yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Tapi, sudahkan Anda me-review kembali resume Anda? Pasalnya, sebuah resume yang bagus harus memberikan informasi berharga tentang Anda dan kualifikasi yang dimiliki pada saat ini.

Untuk membantu Anda mempersiapkan resume yang benar, maka ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini :

Resume yang Kurang Baik
Resume yang tidak disiapkan secara baik akan menyertakan informasi yang kurang jelas, seperti "bekerja di posisi yang membuat saya berkembang", atau memuat hal kurang penting, seperti kesukaan Anda terhadap olahraga Badminton, keikutsertaan Anda di partai politik tertentu, atau bergabung dalam afiliasi budaya lokal.

Hal-hal pribadi seperti ini, di samping tak begitu penting untuk diungkapkan, pada akhirnya akan menimbulkan kesan subyektif yang negatif. Informasi tersebut belum saatnya untuk Anda informasikan. Hal kurang baik lainnya adalah, melebih-lebihkan kualifikasi yang Anda miliki, mengatakan bahwa Anda adalah seorang "ahli di bidangnya", atau menyertakan nomor telepon kantor Anda. Lebih sopan jika Anda hanya menuliskan nomor handphone Anda, misalnya.

Resume yang Baik dan Menjual
Sebuah resume yang baik, seperti dikutip jurnal How To Write A Resume, harus secara jujur menunjukan bahwa Anda mampu menyelesaikan berbagai masalah bisnis yang pernah terjadi. Anda adalah seorang komunikator yang baik, dan dapat mengelola secara benar manajemen proyek dan teknis pelaksanaanya.

Resume yang Anda siapkan haruslah singkat dan padat. Namun, jika posisi yang Anda inginkan adalah di level manajerial, maka resume Anda siapkan sebaiknya lebih detail menjelaskan kualifikasi yang dimiliki.

Cari Tahu, Apa yang Diinginkan oleh Perusahaan
Ada beberapa hal penting yang ingin diketahui oleh pihak perusahaan, saat membaca sebuah resume. Di antaranya adalah: resume tersebut harus mendefinisikan secara jelas, tingkat pencapaian dari si kandidat dalam perkembangan karirnya, kemampuannya dalam hal memecahkan masalah, mengelola proyek, efisiensi waktu, komunikasi yang efektif, dan dapat bekerjasama dalam kelompok.

Halaman pertama dari sebuah resume, jika dituliskan dengan baik dan jelas, akan menarik minat orang yang membacanya, dan membuat mereka ingin terus membaca. Namun, seandainya isi dari resume tersebut kurang menarik dan terstruktur, jangan harap Anda akan lolos pada tahap tersebut.

Selanjutnya, resume yang menarik adalah yang menyajikan secara jelas, tanggung jawab Anda ketika menduduki jabatan terakhir. Jika Anda terlihat fokus dengan tanggung jawab yang dibebankan, maka Anda akan masuk dalam daftar pelamar yang diperhitungkan. Kesempatan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya akan terbuka lebar untuk Anda.

Satu hal yang harus Anda pahami ketika menulis resume adalah, pihak perusahaan tak memiliki banyak waktu untuk membaca resume Anda secara detail. Jika resume Anda kurang jelas, tidak fokus, dan bertele-tele, maka tidak akan menarik minat mereka untuk terus membaca. Sepuluh detik pertama ketika membaca resume Anda adalah saat yang paling krusial, dan akan menentukan: Anda layak dipertimbangkan atau tidak. Nah, sudahkah Anda me-review kembali resume Anda? (ymn/karir.com)

read more..

Saat Wawancara

Ciptakan Kesan Pertama yang Menggoda
Ketika mendapatkan sebuah panggilan kerja, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan. Tujuannya jelas: untuk menciptakan kesan pertama yang baik, yang akan membuka peluang Anda untuk mengikuti proses seleksi berikutnya. Mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah pilihan yang tak bisa ditawar. Lalu, kiat apa saja yang harus Anda persiapkan?

Meminjam istilah sebuah iklan, "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda". Benar, 30 detik pertama saat wawancara adalah masa paling krusial, yang akan mempengaruhi proses wawancara Anda. Maka, untuk membantu mempersiapkan diri Anda, ada beberapa tips berikut ini, seperti diungkapkan kolumnis Kate Lorenz, dari situs Career Builder, yang dapat Anda jadikan referensi.

Tepat Waktu
Jangan terlambat sedikit pun. Hal ini akan memberikan kesan yang buruk. Cobalah untuk hadir di tempat wawancara lima belas menit lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Emily Post, dalam bukunya The Etiquette Advantage in Business, menyarankan: seandainya Anda tiba lebih awal, basuhlah wajah Anda di rest room atau minumlah secangkir espresso di kafe terdekat. Ini akan membantu menyegarkan diri Anda.

Jaga Penampilan
Banyak orang yang memberikan penilaian melalui penampilan Anda. Nah, untuk itulah, tampilkan diri Anda layaknya seorang profesional, tapi jangan terlalu formal atau juga terlalu casual. Salah-salah, Anda dikira tak serius dengan tawaran pekerjaan yang akan diberikan.

Jangan mengenakan sesuatu yang "mengganggu" ketika wawancara berlangsung. Anting-anting yang kebesaran, misalnya, atau kacamata berwarna-warni sebaiknya Anda hindari. Kalau Anda seorang pria, gunakan kemeja formal yang bersih dan rapi. Perhatikan juga detail lainnya, yang akan mendukung penampilan Anda secara keseluruhan. Kenakan sepatu yang bersih, rambut yang terpotong rapi, dan jangan lupa menggunakan deodoran atau parfum dengan wewangian yang natural.

Berjabat Tangan
Lakukan dengan wajar. Jangan terlalu keras menggenggam tangan lawan bicara Anda. Selain menimbulkan rasa sakit, hal tersebut semakin menunjukan dominasi dan agresifitas Anda. Cara terbaik adalah berjabat tangan dengan genggaman yang penuh, lalu goyangkan tangan Anda beberapa kali dengan santai dan tak begitu keras. Ini akan menunjukan rasa percaya diri Anda.

Bahasa Tubuh
Mungkin Anda terlihat diam saat wawancara berlangsung, namun bahasa tubuh Anda akan mengatakan sesuatu yang Anda sembunyikan. Sebuah studi dari Albert Mehrabian, dari University of California Los Angeles (UCLA), menunjukan bahwa 55% dari sebuah proses komunikasi diterima melalui bahasa tubuh.

Untuk menunjukan rasa percaya diri Anda, saat duduk, usahakan posisi paha dan lutut selaras dengan bahu Anda. Jangan duduk sambil menyilangkan lutut Anda, atau duduk dengan posisi yang santai -- sekalipun orang yang mewawancarai Anda melakukan hal demikian. Sebaiknya, duduklah dengan posisi formal, sambil terus menunjukan perhatian Anda kepada si pewawancara.

Jangan pernah menunjukan kegelisahan Anda. Misalnya dengan memutar-mutar cincin Anda, mengusap rambut Anda secara berlebihan, atau menyilangkan tangan Anda di depan dada. Cobalah untuk duduk dan bersikap tetap tenang, sambil terus menjaga tatapan mata dengan si pewawancarara. Percayalah, kesan pertama yang menggoda akan Anda dapatkan. (ymn/karir.com)

read more..

Menulis Resume, Apa yang harus Diperhatikan ?

Apakah Anda sering kecewa, karena berkali-kali mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan tapi tak satu pun yang memberi respons? Jangan putus asa. Cobalah me-review kembali resume Anda, siapa tahu usaha Anda akan segera membuahkan hasil. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat penulisan resume, seperti dirilis jurnal How To Write A Resume, yang dapat dijadikan referensi.

Ringkas dan Jelas
Resume yang Anda tulis haruslah ringkas dan mudah dibaca. Jangan menuliskan resume Anda dengan gaya bahasa yang bertele-tele, atau membesar-besarkan kualifikasi yang Anda miliki. Hal ini akan merugikan Anda, dan akan menimbulkan pertanyaan dari pihak perusahaan yang bakal meng-hire Anda. Sebaiknya, berikan penekanan pada kalimat yang dianggap penting untuk menjelaskan secara jelas kualifikasi yang Anda miliki.

Hindari Kesalahan Gramatikal
Perhatikan penggunaan tata bahasa yang baik saat menulis resume Anda. Usahakan untuk menghindari berbagai bentuk kesalahan gramatikal, kesalahan ketik, atau penggunaan jenis huruf yang tak lazim, yang justru akan semakin membingungkan si pembaca resume Anda. Akibatnya, peluang untuk mendapatkan panggilan kerja akan tertutup, sekalipun kualifikasi yang Anda miliki cukup baik.

Tetap Fokus
Pada saat penulisan resume, lebih baik Anda tetap fokus pada kualifikasi yang dimiliki pada saat ini. Hindari menuliskan sesuatu yang belum Anda kuasai, atau menuliskan sesuatu yang kurang jelas. Hal tersebut nantinya akan merepotkan Anda sendiri. Cobalah untuk jujur dalam mengungkapkan kualifikasi Anda saat ini, dan gunakan kata-kata yang "menjual", sehingga membuat Anda kelihatan lebih proaktif.

Menuliskan Kualifikasi Anda
Sebuah resume harus memaparkan secara jelas tentang kualifikasi dan pengalaman yang Anda miliki. Tuliskan jabatan dan nama perusahaan Anda saat ini di posisi teratas, lalu disusul dengan pengalaman kerja Anda di perusahaan sebelumnya.

Jika saat ini Anda adalah seorang Marketing Manager, maka Anda tak perlu lagi menuliskan secara detail kualifikasi Anda beberapa tahun lalu, saat pertama kali bekerja. Jika posisi yang sedang Anda lamar saat ini sama persis dengan jabatan Anda sekarang, maka sebaiknya fokuskan penulisan resume pada jabatan terakhir Anda.

Nama Perusahaan atau Posisi Anda?
Tak ada rumusan pasti tentang mana yang harus didahulukan di resume Anda: jabatan saat ini, atau nama perusahaan tempat Anda bekerja. Anda sendiri yang sebaiknya memutuskan, apa yang ingin Anda tonjolkan pada resume Anda. Jika jabatan yang ingin Anda tekankan, maka Anda harus konsisten dengan hal tersebut.

Apabila yang ditekankan adalah jabatan Anda saat ini, berikut deskripsi tanggung jawab Anda, maka jangan lupa menjelaskan secara singkat tentang perusahaan Anda. Sebaliknya, jika perusahaan Anda sangat terkenal dan memiliki reputasi yang bagus, mengapa tak menonjolkan hal tersebut pada resume yang Anda buat, lalu disusul dengan tugas dan tanggungjawab Anda? (ymn/karir.com)

read more..

Menolak Tawaran Gaji, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Dalam proses negosiasi tentang gaji dan paket remunerasi lainnya, seringkali kita merasa tak cocok dengan penawaran yang diberikan. Misalnya tak adanya bonus tahunan, yang sering Anda peroleh di tempat kerja sebelumnya, posisi yang kurang cocok, atau tak adanya uang lembur. Hal-hal yang Anda anggap penting ini akhirnya membawa Anda pada sebuah keputusan, yaitu menolak dengan halus penawaran tersebut.

Nah, bagaimana cara terbaik untuk menolak penawaran yang diberikan secara sopan? Apa saja yang harus Anda lakukan agar kedua pihak tak ada yang dirugikan? Tips singkat yang dirilis di situs Profesional Resumes ini cukup menarik untuk Anda simak.

Jangan Menerima, Lalu Mengundurkan Diri
Satu hal penting yang harus Anda ingat adalah, jangan pernah menerima sebuah penawaran gaji atau pekerjaan, kemudian setelah beberapa waktu Anda mengundurkan diri karena merasa tak cocok. Lebih baik Anda langsung menolaknya, dan biarkan kandidat lain mengisi posisi tersebut. Ketika Anda menerima penawaran yang diberikan, lalu memutuskan untuk mengundurkan diri, akan memberikan impresi yang negatif terhadap diri Anda, yaitu kurang profesional.

Memutuskan Dengan Cepat
Putuskan secara cepat setiap penawaran gaji, atau posisi tertentu yang ditawarkan kepada Anda. Katakan secara halus, bahwa Anda belum merasa cocok dengan penawaran yang diberikan. Keputusan yang cepat, tidak menunda-nunda hingga beberapa hari, akan menunjukan bahwa Anda seorang yang profesional. Kalaupun Anda menunda memberikan jawaban, katakan kapan Anda akan memberikan keputusan.

Berikan Pernyataan Tertulis
Jika kondisi memungkinkan, setelah Anda memberikan penolakan, segera kirimkan surat penolakan dan permohonan maaf kepada perusahaan yang bersangkutan, kemudian ucapkan terima kasih atas penawaran yang telah diberikan kepada Anda. Anda tak perlu detail menginformasikan alasan mengapa Anda menolak, tetapi katakan saja secara netral bahwa Anda belum bisa menerima penawaran tersebut pada saat ini.

Ciptakan Kesan yang Baik dan Profesional
Perlu diingat, bahwa sekalipun Anda menolak penawaran yang diberikan, namun Anda harus tetap menciptakan kesan yang baik dan profesional, sehingga akan memberikan nilai plus kepada Anda. Siapa tahu, di masa depan, untuk mengisi posisi lain yang lebih cocok dengan kualifikasi yang Anda miliki, maka Anda adalah orang pertama yang dihubungi. (ymn/karir.com)

read more..

19 Maret 2008

Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Impian Anda

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan impian kita bukanlah perkara yang mudah. Yang terjadi adalah: seorang sarjana seni, bekerja menjadi Wartawan. Atau, seorang Insinyur pertambangan, berkarir sebagai eksekutif di sebuah bank asing. Begitulah yang terjadi saat ini, ketika profesi telah berbelok jauh melewati latar belakang pendidikan formal seseorang.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda? Bagaimana agar mendapatkan bidang profesi yang Anda idamkan? Bagi Anda yang baru mulai berkarir, beberapa tips menarik berikut ini layak Anda disimak.

  1. Memahami Diri SendiriDefinisikan Sukses Anda. "Kita tak akan mudah untuk menemukan kebahagiaan jika kita tak pernah mendefiniskan kesuksesan seperti apa yang ingin kita raih," ujar Marlyn Walker, pendiri Right Turn on Red Career Assessment Center, seperti dikutip Yahoo! Hot Jobs. Anda harus mendefinisikan secara jelas standar kesuksesan seperti apa yang akan dicapai. Untuk itulah, kita harus melihat kekuatan dan kelemahan diri kita, dan tentukan kemana kita harus melangkah. Brainstorm. "Mulailah untuk mengadopsi kesuksesan dari rekan Anda," tambah Mike Beasley. Undanglah mereka yang Anda anggap sukses, lanjut konsultan pengembangan karir ini, untuk mendiskusikan ide-ide menarik seputar pengembangan karir. Tujuannya agar Anda lebih fokus terhadap perkembangan karir Anda. Dalam beberapa kasus, rekan kerja Anda lebih paham apa yang disukai atau tidak Anda sukai. Pahamilah dan jadikan masukan mereka sebagai referensi. Uji Diri Anda. Ikuti berbagai assessment test yang ada di berbagai konsultan sumber daya manusia, agar Anda mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Test berbasis psikologi tersebut memudahkan kita untuk memahami minat dan bakat, atau faktor-faktor kepribadian lainnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran lebih utuh, bagaimana memulai karir sesuai dengan latar belakang psikologis Anda.
  2. Lebih Fokus Memiliki Target. "Jadilah lebih teratur, dan tuliskan semua ide Anda di atas kertas," saran Bob Basile dari Career Coaching, Inc. Semua ide yang Anda tuliskan dapat dikumpulkan di "keranjang" ide, dan dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Jadikan ide-ide Anda sebagai sebuah target yang harus Anda capai. Lakukan Riset. Riset akan membantu Anda untuk menentukan kemana akan melangkah. Melalui riset, banyak informasi yang dapat Anda peroleh. Di antaranya profil perusahaan yang ingin Anda lamar, struktur gaji, posisi-posisi yang banyak dicari, dan sebagainya. Media internet dapat Anda gunakan untuk melakukan riset secara murah. Dan, jangan lupa untuk bergabung dengan situs karir.com, agar profil Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Membina Relasi. Bergabunglah dengan berbagai forum komunikasi untuk membina relasi. Mulailah dari orang terdekat Anda, sahabat-sahabat tercinta, sanak-saudara, teman semasa SMA atau ketika masih di universitas, atau gabung di berbagai milis di internet, adalah beberapa cara membina relasi. Tujuannya agar Anda tetap well informed dan bisa memanfaatkan jaringan tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi pekerjaan. Mengirimkan Lamaran. Setelah Anda melakukan berbagai langkah di atas, pastikan untuk segera mengirimkan lamaran. Siapkan surat lamaran Anda, dan pilih posisi yang sesuai dengan minat Anda. Jangan pernah beranggapan bahwa sebuah perusahaan yang tidak beriklan di kolom karir sebuah koran, tidak membutuhkan karyawan baru. Bisa jadi, posisi idaman Anda sedang dibutuhkan pada saat ini, dan mereka belum sempat untuk mengiklankannya. (ymn/karir.com)

read more..

Ketika Gaji Tak Sesuai

Proses seleksi penerimaan karyawan yang melelahkan telah Anda lalui. Kini, tibalah saatnya Anda sampai pada tahap negosiasi gaji. Bagi banyak orang, tahap ini dirasakan cukup sulit, karena jika salah melakukan negosiasi, maka akan menyesal di kemudian hari. Lalu, bagaimana seandainya gaji yang diminta tak disetujui oleh pihak perusahaan? Apa alternatif lain yang harus Anda lakukan saat negosiasi berlangsung?

Todd Anten, kolumnis Yahoo! Hot Jobs, mengungkapkan lima alternatif yang dapat Anda jadikan referensi ketika gaji yang Anda minta tak disetujui oleh perusahaan tempat Anda melamar.

  1. Meminta Bonus TambahanGaji yang ditawarkan pihak perusahaan tak sesuai harapan Anda? Apakah Anda terpaksa menerimanya, karena sedang membutuhkan pekerjaan? Jangan khawatir. Ketika hal tersebut terjadi pada Anda, cobalah untuk menanyakan benefit tambahan selain gaji, misalnya bonus tahunan atau meminta di-review kembali gaji yang ditawarkan setelah enam bulan bekerja. Tentu saja dengan melihat prestasi yang telah Anda tunjukan.
  2. Kesempatan Cuti dengan BayaranAlternatif kedua adalah meminta kesempatan cuti dengan bayaran. Banyak perusahaan yang memberikan benefit ini kepada karyawannya. Cobalah Anda meminta alternatif ini. Bagi banyak perusahaan, memberikan cuti dengan bayaran kepada karyawan, dirasakan lebih murah daripada menaikan gaji Anda secara permanen.
  3. Bekerja dari RumahUntuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, di mana banyak karyawannya yang bekerja secara mobile, bekerja dari rumah pada kesempatan tertentu merupakan hal yang wajar. Nah, alternatif ini dapat Anda tanyakan saat proses negosiasi gaji berlangsung. Misalnya, meminta untuk dapat bekerja dari rumah setiap hari Jumat. Namun, tidak semua perusahaan menerapkan kebijakan ini. Untuk itu, maka berhati-hatilah ketika menanyakan alternatif ini.
  4. Biaya Transportasi & AkomodasiJika Anda ditempatkan di luar kota, maka alternatif ini layak diperhitungkan. Anda harus mempertanyakan juga masalah biaya transportasi dan akomodasi untuk Anda dan keluarga ke kota tujuan yang baru. Hampir semua perusahaan yang memiliki banyak cabang di luar kota memberikan fasilitas ini kepada karyawannya. Jangan sampai semua biaya dadakan ini akan ditanggung oleh Anda sendiri.
  5. Meminta Jabatan TertentuSeandainya gaji yang diberikan tak sesuai harapan, Anda dapat mempertanyakan benefit ini. Misalnya, dengan meminta jabatan yang Anda anggap lebih prestise, seperti posisi "Account Manager" daripada "Account Executive". Banyak perusahaan yang tak mempersoalkan masalah pemberian nama jabatan untuk karyawannya. Jadi, sekalipun Anda tak mendapatkan gaji sesuai permintaan, tetapi dengan jabatan baru ini akan membuat resume Anda menjadi lebih impresif.

Hal penting lainnya, selain lima alternatif di atas adalah: jangan lupa untuk meminta semua hasil negosiasi tersebut dalam bentuk kontrak tertulis. Dengan adanya kontrak tertulis tentang hasil negosiasi yang telah Anda lakukan, maka hak dan kewajiban dari kedua pihak akan semakin jelas dan transparan. Posisi tawar Anda pun akan semakin kuat seandainya ada masalah di kemudian hari. Selamat mencoba! (ymn/karir.com)

read more..

Cerdas Menjawab Saat Wawancara

Hati-hati jika Anda terlalu banyak bicara saat sesi wawancara kerja berlangsung. Salah-salah, Anda akan dicap sebagai si cerewet yang kurang percaya diri. Bahkan, lebih daripada itu, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Joan S. Lublin, kolumnis The Wall Street Journal Online, menuliskan dalam kolomnya, bahwa banyak pencari kerja yang gugup saat wawancara, dan memberikan jawaban yang kurang relevan dengan apa yang ditanyakan.

Selanjutnya, masih menurut Joan, jika terlalu melontarkan pernyataan yang tak perlu dan kurang fokus, maka secara tak langsung Anda telah memberikan impresi yang buruk. Akibatnya, pihak yang mewawancarai akan kehilangan perhatian kepada Anda, dan Anda pun akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan posisi tersebut.

Nah, jangan putus asa. Agar tak salah melangkah, sebaiknya Anda simak empat tips berikut ini yang akan memberikan petunjuk tentang bagaimana menjawab secara profesional saat wawancara berlangsung.

  1. Jawablah dengan Singkat Ketika Anda diminta untuk menceritakan tentang diri Anda, pekerjaan Anda, dan prestasi kerja yang telah Anda capai selama ini, maka jawablah secara singkat dan padat. Usahakan agar tak lebih dari dua menit untuk setiap hal yang ditanyakan.
  2. Pahami Setiap Pertanyaan Apa yang akan Anda jawab seandainya diminta untuk menjelaskan perjalanan karir Anda? Jika Anda menanyakan kembali, "Dari mana saya memulainya", saat pertama kali bekerja atau dimulai dari pekerjaan saya saat ini? Jika Anda balik bertanya seperti itu, menurut Peter D. Crist, konsultan Sumber Daya Manusia, dari Crist Associates, Amerika Serikat, berarti Anda adalah tipe orang yang secara mental telah menyiapkan jawaban tersebut dengan baik. Ketika Anda menjawab setiap pertanyaan, berikanlah jeda beberapa detik agar terlihat tidak terburu. Berpikirlah dahulu, sebelum memberikan jawaban berikutnya agar Anda terlihat lebih matang. Dan, sebelum melanjutkan jawaban Anda, bertanya terlebih dahulu kepada si pewawancara, apakah Anda boleh melanjutkan pembicaraan.
  3. Perhatikan Bahasa Tubuh Jangan lupa untuk terus memperhatikan bahasa tubuh lawan bicara, selama proses wawancara berlangsung. Hal tersebut memberikan banyak masukan berharga untuk Anda, tentang respons yang telah Anda berikan, atau bagaimana jawaban Anda disikapi. Melalalui bahasa tubuh, Anda dapat memperbaiki kualitas jawaban yang Anda berikan. Tentu saja setelah melihat respons non verbal yang terlihat.
  4. Belajar dari Pengalaman Melalui berbagai sesi wawancara kerja yang telah diikuti, Anda tentunya telah belajar banyak hal. Hargai waktu Anda dengan memberikan jawaban yang ringkas, padat, serta cerdas untuk menjelaskan kualifikasi Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mengenal kekuatan dan kelemahan diri Anda, dan siap untuk menyongsong tawaran kerja yang datang. (ymn/karir.com)

read more..

Cara Praktis Mendistribusikan Resume Anda

Lelah menunggu panggilan kerja yang tak kunjung datang? Coba diingat-ingat kembali, siapa tahu, Anda salah mendistribusikan secara tepat resume yang telah dibuat. Jika ini yang terjadi, resume Anda tak pernah sampai pada orang yang tepat. Dan, bisa dipastikan, peluang Anda untuk mendapatkan peluang kerja akan berlalu begitu saja. Berikut ini beberapa tips praktis tentang cara efektif mendistribusikan resume Anda.

  1. Kirimkan Resume Secara OnlineI Ingin cara termudah untuk mendapatkan pekerjaan? Situs karir.com adalah tempatnya. Kalau Anda belum bergabung, segera daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mendapatkan beragam fasilitas interaktif yang tersedia. Mencari pekerjaan pun akan semakin gampang. Begitu juga dengan resume Anda, akan dengan mudah ditemukan oleh berbagai perusahaan yang mencari kualifikasi seperti yang Anda miliki.
  2. Manfaatkan Iklan Koran Banyak sekali informasi lowongan kerja yang terdapat di koran lokal maupun yang berskala nasional. Namun, sebelum mengirimkan resume Anda, carilah informasi tentang perusahaan yang akan Anda lamar terlebih dahulu. Mulai dari profil perusahaan hingga produk dan layanannya. Tujuannya agar informasi yang Anda tuliskan pada resume Anda lebih lengkap dan detail.
  3. Kirimkan Sebanyak Mungkin Banyak perusahaan yang tak mengiklankan lowongan kerjanya di media cetak. Cobalah untuk mengakses situs perusahaan tersebut di internet, lalu pilih kategori "Career" atau "Job Vacancy". Bisa jadi, posisi idaman Anda sedang dibutuhkan. Saat ini internet telah dimanfaatkan oleh ribuan perusahaan untuk berbagai keperluan. Termasuk mencari kandidat yang berkualitas. Jadi, mengapa tak segera mengirimkan resume Anda melalui situs perusahaan tersebut?
  4. Berkunjung ke Bursa Kerja Bursa kerja, atau apa pun namanya, selalu menarik untuk dikunjungi. Bursa kerja menawarkan banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk mendistribusikan resume Anda secara langsung. Beberapa perusahaan, bahkan langsung melakukan wawancara secara langsung di booth mereka. Nah, untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan sebanyak mungkin resume Anda ketika berkunjung ke bursa kerja.
  5. Gunakan Jaringan Pertemanan Anda memiliki jaringan pertemanan yang besar? Mengapa tak mencoba memanfaatkan jaringan tersebut? Banyak informasi lowongan kerja yang hanya beredar terbatas di lingkungan internal sebuah perusahaan. Maka, jangan malu untuk menanyakan peluang tersebut kepada teman Anda. Biasanya, seperti yang dituliskan Alia Torvik di situs Career Builder, melalui jaringan pertemanan, Anda akan mendapatkan akses langsung ke orang yang tepat untuk mengirimkan resume Anda
  6. Lebih Praktis dengan Email Tidak bisa dipungkiri, email adalah cara paling cepat dan murah untuk mengirimkan resume ke berbagai perusahaan secara praktis. Tak perlu repot, dalam hitungan detik, resume Anda sudah sampai ke alamat pengirim. Ketika mengirimkan email, jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan posisi yang Anda lamar pada subject email. Hal ini akan membantu si penerima untuk mengarsip file Anda. Jangan menggunakan alamat email pribadi, seperti ciplukz_girls@yahoo.com atau badboys@hotmail.com. Anda akan terlihat kurang profesional. Sebaiknya, gunakan alamat email yang menggunakan nama Anda secara jelas.(ymn/karir.com)

read more..

Cara Bijak Negosiasi Gaji

Selamat, Anda telah sukses melewati beberapa proses seleksi di perusahaan idaman Anda. Sekarang saatnya melakukan negosiasi gaji. Apa saja yang harus Anda lakukan, dan yang tak boleh dilakukan saat negosiasi berlangsung? Nah, Randall S. Hansen, Ph.D., pendiri situs Quintessential Careers, mengungkapkan beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan negosiasi gaji.

  1. Yang Harus Dilakukan
    Pastikan, Anda telah melakukan serangkaian riset tentang kisaran gaji yang diharapkan pada posisi yang telah Anda lamar. Banyak cara yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah menanyakan kepada rekan Anda yang menduduki posisi yang sama di perusahaan lain.
    Menyadari semua kekuatan dan pengalaman Anda, dan jangan lupa untuk menunjukan skill Anda, dan manfaatnya bagi perusahaan yang akan meng-hire Anda.
    Biarkan pihak perusahaan yang menawarkan nilai gaji kepada Anda terlebih dahulu. Jika memungkinkan, katakan besarnya gaji yang Anda harapkan dengan mempertimbangkan pengalaman dan skill yang telah Anda miliki.
    Ungkapkan rasa terima kasih Anda ketika mendapatkan penawaran gaji dari pihak perusahaan. Namun, jangan mencoba untuk langsung bernegosiasi pada saat itu juga. Katakan Anda membutuhkan waktu untuk memikirkan penawaran yang telah diberikan.
    Jika Anda tak mendapatkan jumlah gaji yang diinginkan, maka cobalah untuk menanyakan tentang benefit lain seperti bonus tahunan, asuransi kesehatan, insentif, dan sebagainya.
  2. Tak Boleh Dilakukan
    Jangan mengajukan besaran gaji yang diminta sebelum disebutkan oleh pihak perusahaan. Setelah angkanya Anda ketahui, katakan bahwa Anda membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan penawaran tersebut.
    Jangan pernah menaikan secara drastis jumlah gaji Anda saat ini, hanya untuk mendapatkan penawaran gaji yang lebih tinggi.
    Jangan menerima secara langsung penawaran gaji yang diberikan saat negosiasi, atau melakukan negosiasi secara langsung ketika gaji yang ditawarkan tak sesuai harapan. Berikan penundaan untuk menaikan daya jual Anda.
    Jangan melakukan negosiasi gaji secara agresif dan berlebihan, hanya untuk memuaskan ego Anda, atau semacam permainan untung-untungan.
    Jangan hanya fokus pada jumlah gaji yang diinginkan, tanpa mempertimbangkan benefit lain secara keseluruhan, seperti bonus tahunan, asuransi kesehatan, atau insentif.
    Jika Anda belum yakin dengan jenis pekerjaan atau reputasi dari perusahaan yang Anda lamar, maka hindari untuk langsung menerima penawaran gaji yang diberikan. Pertimbangkan dengan matang semua keputusan yang Anda lakukan.

Semua keputusan yang akan Anda ambil memiliki resiko. Untuk itulah, pertimbangkanlah dengan matang setiap langkah yang akan Anda ambil, agar tak menyesal di kemudian hari. (ymn/karir.com)

read more..

5 Langkah Suskses Wwancara di Telepon

Sebuah deringan telepon memecah kesunyian. Anda mendapatkan panggilan kerja, dan saat itu juga Anda langsung diwawancarai oleh personil HRD dari perusahaan yang telah Anda lamar. Bagaimana menghadapi wawancara "dadakan" itu? Langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan agar mendapatkan kesan yang baik? Berikut ini 5 tips menarik dari Joe Turner, konsultan sumber daya manusia, seperti dikutip Yahoo! Hot Jobs, yang dapat Anda praktekan.

  1. Ciptakan Personal BrandingAnda tak sendirian mendapatkan kesempatan wawancara tersebut. Itulah yang harus Anda sadari. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah diferensiasi. Jika Anda tak mampu membedakan diri Anda dengan kandidat lainnya, maka Anda akan "dilewati" oleh pesaing Anda. Cara terbaik adalah: ciptakan pernyataan yang menjadi Personal Branding Anda, atau Unique Selling Proposition (USP). USP harus mengungkapkan siapa Anda, kekuatan yang Anda miliki, dan keuntungan yang dapat Anda berikan kepada perusahaan.Sebuah USP harus jelas, tidak bertele-tele, dan mudah dipahami oleh orang yang mewawancarai Anda. Misalnya, "Saya seorang Brand Manager dari perusahaan telekomunikasi XYZ. Saya berhasil mencapai target penjualan tertinggi untuk produk CDMA dalam 3 tahun terakhir". Anda juga dapat membuat USP yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Pernyataan yang unik seperti ini akan membuat Anda mudah diingat, karena menguntungkan bagi perusahaan.
  2. Tunjukan Antusiasme AndaKetika mendapatkan kesempatan wawancara di telepon, ekspresikan ketertarikan Anda terhadap posisi yang dilamar, serta perusahaan yang telah memanggil Anda. Pasalnya, banyak kandidat lainnya yang juga telah dihubungi. Maka, manfaatkanlah sebaik mungkin kesempatan emas tersebut. Tunjukanlah bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.
  3. Dengarkan, dan Jawab Secara JelasBanyak kandidat yang gagal dalam proses wawancara awal melalui telepon. Sebagian di antara mereka, tidak menjawab pertanyaan seperti yang diajukan. Apabila kesempatan itu datang, berhati-hatilah ketika menjawab pertanyaan yang diberikan. Masalahnya, Anda tak bisa menggunakan bahasa tubuh untuk memperjelas maksud dari ucapan Anda. Untuk itu, maka berbicaralah secara jelas, tidak terburu-buru, jangan ngelantur kemana-mana, dan dengarkan setiap pertanyaan yang diajukan dengan baik.
  4. Berikan Tanggapan PositifMencari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan, atau posisi yang telah Anda lamar adalah pilihan yang bijaksana. Hal ini akan sangat membantu, ketika Anda menjawab pertanyaan: Mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan kami? Jangan ragu-ragu untuk sedikit memuji perusahaan yang sedang mewawancarai Anda. Produk-produknya, misalnya, atau strategi komunikasi pemasaran produk terbarunya. Pokoknya, katakanlah sesuatu yang baik tentang mereka.
  5. Mengakhiri WawancaraDi akhir wawancara, tanyakan secara halus, apakah Anda akan diberikan kesempatan wawancara secara langsung? Namun, jika Anda tak merasa nyaman dengan pertanyaan tersebut, cobalah untuk menanyakan pertanyaan yang lebih sederhana: Apa proses seleksi selanjutnya? Hal ini untuk menghilangkan keragu-raguan, dan Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi berikutnya. (ymn/karir.com)

read more..

menemukan ide wirausaha

email dari GM
Tips-
"Bagaimana Cara Supaya Anda bisa mendapatkan Ide atau Hobi untuk di jual .
Ayo kita mulai ya pelajarannya
:)Mencari ide itu gampang aja.
Anda lihat aja peluang yg lewat. kadang suatu masalah juga bisa menjadi peluang usaha loh
:) Nggak percaya? Coba , datang ke arisan atau pas jemput anak/saudara ketika sekolah atau di pasar atau di mall atau di lapangan.
Dengarkan obrolan orang-orang
...nah, betul kan, 80 % pasti mereka mengeluh atau punya masalah,
seperti misalnya :
"wah, saya repot krn suami istri pulangngya malam terus, ngga ada waktu buat lihat PR Anak .."
Inilah peluang untuk punya day care/bimbel
"wah, sekarang cari pembantu/sopir susah ya .."
Inilah peluang untuk anda bisa mengelola supir/pembantu untuk disewakan.
Anda tinggal didik dan atur tenaga kerjanya, tiap bulan gaji mereka dipotong untuk fee buat anda dsb.
Jadi, ayo saya ajak anda suka jalan2, dan dengar orang/sebuah komunitas yang lagi ngrumpi
:-)Bukan itu saja, misalnya saja dari obrolan yang Anda dengar, Anda bisa menangkap ide untuk di jual melalui internet, kenapa ngga?

read more..

17 Maret 2008

The Rules For Being Human

  1. You will receive a body. You may like it or hate it, but it will be yours for entire period this time round.
  2. You will learn lessons. You are enrolled in a full time informal school called “Life”. Each day in this school you will have the oppurtunty to learn lessons. You may like the lessons or think them irrelevant and stupid.
  3. There are no mistakes, only lessons. Growth is a process of trial an error : experimentation. The “failed” experiments are as much a part of the process as the experimnts that “work”.
  4. A lesson is repeated until learned. A lesson will be presented to you in variuos forms until you have learned it. When you have learned it, you can then go on the next lessons.
  5. Learning lessons does not end. There is no part of “Life” that does not contain its lessons. If you are alive there are lessons to be learned.
  6. “There” is no better than “here”. When your “there” has becaome a “here” you will simply obtain another “there” that will again look better than the “here” you now have.
  7. Others are merely mirrors of you. You cannot love or hate something about another person unless it reflects something you love or hate about yourself.
  8. What you make of your “Life” is up to you. You have all the tools and resources you need. What you do with them is up to you. The choise is yours.
  9. Your ansewers lie inside you. The ansewrs to ”Life’s” questions lie inside you. All you need to do is look, listen, and trust.
  10. As you open in this trust, you will remember all this more and more.

read more..

Mencipta Perdamaian

  1. Jangan beranggapan bahwa orang-orang yang kau sukai selalu bertindak benar .
  2. Ketahuilh bahwa jika kita menyukai seseorang, biasanya kita lalu berusaha untuk membuat agar dia senang. Memang kita harus setia, tetapi kita harus juga menerima kenyatan bahwa tidak semua yang kita katakan adalah menyenangkan dia.
  3. Jangan berpendapat bahwa kita harus berbicara juga karena orang lain berbicara.
  4. Jadila pendengar yang baik, dan janganlah bekata sebelum anda tahu pasti apa yang akan anda katakan. Berpikirlah baik – baik sebelum anda ikut berbicara dalam perdebatan dan diskusi.
  5. Jangan berpikir bahwa orang lain harus menurutkan perkataan anda selalu, dan jangan gusar bila orang lain menempuh jalan yang mereka anggap benar.
  6. Ketahuilah bahwa benar atau salah orang harus mengambil keputusan sendiri, dan tidak ada gunanya untuk bersitegang.
  7. Jangan bependapat bahwa anda harus mengatakan kepada seseorang apa yang dikatakan orang lan tentang dirinya.
  8. Ketahuilah bahwa anda tidak adil untuk mengulangi perkataan oang lain yang sedang mengalami kekecewaan, tersinggng atau hanya meurutkan dorongan hatinya. Biarkan hal ini akan baik dengan sendirinya.
  9. Jangan mengira bahwa menciptakan perdamaian berarti harus mencampuri urusan orang lain dan harus memeberi pelajaran kepada oang lain.
  10. Hendaknya anda termasuk orang yang menghargai contoh. Perlihatkan kepada orang lain bahwa anda menyukai mereka, dan katakan bahwa anda menyukai mereka, dan katakan bahwa anda menyayangkan jika ada orang yang saling tidak menyukai satu sama lain.
  11. Jangan mengira bahwa karena anda merasa simpatik dan kuat maka anda harus selalu harus selalu aktif dan terlibat urusan orang.
  12. Keahuilah bahwa berlaku tenang dalam segala hal adalah sangat membantu. Kebanyakan orang senang mendengarkan apa yang yang belangsung, dan kemudian adalah bukan tidak mungkin untuk membujuk mereka menetapkan perbedaan pendapat dan berbeda pendapat dan memisahkan persahabaan yang baik.

read more..

Lomba Menggambar Mewarnai di Kereta Pramek 16 Maret 2008

Lomba ini diselenggarakan oleh Silaturahmi Pecinta Anak-anak atau lebih dikenal SPA sebuah institusi yang bidang garap utamanya anak-anak bernafaskan dakwah slamiyah, bermarkas di Pelemkecut Gejayan sekarang sebagai ketua yayasan RUA Zaenal Fanani.
Lomba menggambar dan mewarnai di atas kereta pramek dari Lempuyangan – Jebres PP saya nilai sukses untuk pemula. Peserta 47 terdaftar sponsor cukup banyak peliput dari stasiun TV cukup banyak dari Tras TV, Sctv, Metro, TV One, dan RB TV yang akan menanyangkan seluruh acara dengan host Styawan Tiada Tara personil Plat AB.
Acara berlangsung sesuai dengan perencanaan dari stasiun Lempuyangan pukul 09,00 yaitu pertunjukkan sulap di masjid stasiun oleh Miswan aktifis SPA yang kini sebagai staff pengajar dan penelola di Pondok Diponegoro, dilanjutkan lomba menggambar mewarnai dikereta hingga Jebres. Pulangnya sembari menanti penilaian disuguhi cerita oleh Arif pahlawan bertopeng aktifis SPA, diselingi pembagian door prize.
Sampai lempuyangan pukul 12.00 peserta berkumpul kembali di ushola istirahat sholat makan dan pengumuman dipandu styawan kembali, usai pembagian hadiah ditutup diiringi turunnya hujan.
Semua tampak berjalan baik hanya ada satu inflitran tukang potret amatiran tanpa ijin menggambl gambar, ketika dibawah mereka menjual kamibaru sadar. Murtaqi meminta saya konfirmasi ketiaka saya tanya katanya sudah dengan wanita kecil dan saya crossek mereka yang jumlahnya 3 lari, tapi saya biarkan hanya saja cara menjal meeka langsung mendatangi pesta dan tidak menggelar lagi.
Pada hari berikutnya ada salah satu peserta kompalin yang, mendaftar di Radio MBS, peserta datang di stasiun tugu dari jam 08.00 ampai jam 10.00 tak ada petnda lomba akhirnya pulang. Kebetulan saya mampir kanor maka saya sampaikan tak ada satupun info naik di tugu dan seluruh file yang ada saya tunjukkan, kakak yang komplain jawab info dari wanita suara kecil ditelepon. Untuk tak memeperpanjang saya mohon maaf dn saya katakan nanti kami sampaikan pada evaluasiuntuk smentara mohon dterima kaos unu peserta, alhamdlillah diterima dan mereka pamit emudian saya coss cek sari bilang kemgkinan dia yang diterima hana saja tak menginfo naik ditugu, dan im bilang sebagai penata perspan di tugu katakan ada informasi dari kai bahwa ebong ujung timur tak boleh dinaiki karena aan dipakai lomba jadi kesmpulan sementara mis komunikasi saja.
Kepanitiaan cukup solid, saya diajak berawal dari undangan lewat sms dari nomor yang tak di kenal ternyata Fiqoh. Rapat itu yang ketiga dipimpin Sultan pada rapat ke empat sultan tak datang, kemdian saya dengar keseriusan Sultan sang ketua kurang akhirya di dell oleh katri , Kepla kantor SPA. Pada rapat ke lima saya secara aklamasi ditunjuk pengganti tetapi dengan mencoba berdalih ikut sudah dipertengahan dan kurang memahami maka saya lempar ke Katri, peserta setuju dan mulailah pimpinan beralih.
Sebenanya tak banyak yang saya sumbangkan pada acara ini hanya memediasi bertemu dengn Hafidz Asrom anggota DPD, pengusaha Yogyakarta untuk ini ada hasilnya. Mediasi yang lain hanya sebagai jalan pembuka kerjasama yang akan datang

read more..

15 Maret 2008

Sholat Dhuha Dahulu, Baru Beraktifitas

February 17, 2008

Masuk Kategori: Fiqh, Ensiklopedia Islam, Sholat

Salah satu sholat sunnah yg dicontohkan Rasululloh SAW adalah sholat sunnah Dhuha. Bahkan beliau menjadikan sholat dhuha ini sebagai salah satu wasiat beliau, sebagaimana hadits berikut: Abu Hurairah r.a. meriwayatkan: ” Kekasihku, Rasulullah SAW berwasiat kepadaku mengenai tiga hal :

  • a) agar aku berpuasa sebanyak tiga hari pada setiap bulan,
  • b) melakukan sholat dhuha dua raka’at dan
  • c) melakukan sholat witir sebelum tidur.” ( H.R. Bukhari & Muslim ).
Aku sendiri melakukan sholat dhuha, salah satunya untuk meluruskan niatku kuliah & bekerja, yakni menjadikan kuliah dan kerja semata, sehingga melupakan aspek ibadah (akhirat).


Sementara itu, manfaat sholat dhuha sendiri, dari beberapa ustad, antara lain :

  1. Agar dilapangkan dada dalam segala hal, terutama rejeki.
  2. Ungkapan terimakasih kita kepada ALLOH SWT, atas nikmat sehat tubuh kita.
  3. Pelindung kita untuk menangkal siksa api neraka di Hari Pembalasan (Kiamat) nanti.
  4. Mendapat ganjaran surga, sesuai dengan hadits Rasululloh SAW,“Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-dhuha ( pintu dhuha ) dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha ? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.” ( H.R. at-Tabrani).
Waktu sholat dhuha sendiri, berdasarkan contoh Rasululloh SAW, berkisar sekitar pukul 7 pagi - 10 pagi. Dengan demikian, bisa dikatakan, sholat dhuha = sholat untuk ‘memulai’ aktivitas (sebelum berangkat bekerja).

Sementara jumlah raka’atnya, minimal 2 raka’at dan maksimal 12 raka’at. Sholat dhuha bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor, atau segera setelah tiba di kantor. Anda bisa pilih, mana kondisi yang cocok untuk anda.

Sedangkan untuk surat yg dibaca, aku senantiasa membaca Adh Dhuha(93) di raka’at pertama dan Al Ikhlas(112) di raka’at kedua, dengan alasan sebagai berikut:

  1. Adh Dhuha = sesuai dengan sholat sunnah yg aku lakukan. Di samping itu, isi dari surat 93 ini ALLOH SWT akan memberi kecukupan kepada hamba2-Nya. Selain itu, surat ini juga mengingatakan kita agar tidak sewenang-wenang terhadap anak yatim, juga tidak menghardik orang yang meminta-minta (pengemis) kepada kita. Justru pada surat ini, ALLOH SWT menyuruh kita agar berbagi rejeki yg telah diberikan-Nya, kepada orang lain yang membutuhkan.
  2. Al Ikhlas = untuk memperkuat iman (tauhid), bahwa hanya ALLOH SWT yg berhak disembah. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan membaca Al Ikhlas, aku berharap agar jika maut menjemputku, maka iman tidak lepas dari qalbuku.
Jadi, jangan tunggu lagi…segera dirikan sholat dhuha!

read more..

11 Maret 2008

Pendidikan dan masa depan

Setiap manusia mempunyai kecenderungan rasa ingin tahu yang besar. oleh karena itu, manusia belajar mulai dari awal mereka dilahirkan. Manusia belajar agar mereka pintar dan dapat mengerti alam semesta dan seisinya. Kebutuhan inilah yang menimbulkan interaksi dan hasrat antara manusia dengan manusia ataupun mainteraksi antara manusia dengan alam semesta. Proses belajar tersebut dapat kita sebut sebagai pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses interaksi antar manusia agar mereka memperoleh pengetahuan alam dan social. Pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan pendidikan informal. Masing-masing mempunyai peran tersendiri dalam kehidupan manusia.

Sistem pendidikan formal di Indonesia
Pada jaman dahulu, sebelum Indonesia merdeka, sekolah hanya milik laki-laki dan kaum bangsawan atau orang kaya. Wanita hanya diperbolehkan mengurusi pekerjaan rumah tangga seperti memasak, karena bagi masyarakat jaman dahulu, mereka menganggap bahwa wanita yang bersekolah tinggipun akhirnya hanya akan mengurusi urusan rumah tangga semata. Anak petani dan anak miskin lainnya tidak diperbolehkan sekolah, sehingga pekerjaan mereka adalah bekerja. Sampai suatu saat timbul suatu pergerakan yang dimotori oleh aktivis pembela pendidikan dan aktivis emansipasi wanita seperti Ki Hajar Dewantara dan Kartini. Merekalah yang mempelopori kemajuan pendidikan di Indonesia, sehingga timbul sekolah-sekolah rakyat seperti taman siswa.

Pendidikan formal adalah pendidikan dimana proses belajar mengajarnya yang dilakukan di sekolah atau universitas. Tingkat kelulusannya ditunjukkan dengan nilai dari ujian. Di Indonesia kita menngenal 4 tingkatan pendidikan, di setiap tingkatan, kesulitannya berbeda-beda. Semakin tingkatannya naik, pelajarannya semakin susah dan bertambah. Pendidikan formal tingkat pertama adalah sekolah dasar, yang mempunyai 6 kelas tingkatan. Sekolah dasar biasanya dimulai dari umur 6 tahun setelah lulus dari playgroup. Sekolah dasar mendidik siswanya dengan pelajaran pengetahuan dasar seperti membaca, menghitung, dan menulis serta pelajaran dasar lainnya. pendidikan setelah setelah sekolah dasar adalah sekolah menengah pertama. Sekolah menengah pertama mengajarkan siswanya untuk melanjutkan pelajaran yang diajarkan sekolah dasar. Setelah pendidikan di sekolah menengah pertama adalah sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) sesuai keinginan mereka masing-masing. apabila mereka berkeinginan setelah lulus ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, mereka biasanya memilih sma, tapi apabila mereka ingin bekerja setelah lulus, mereka bisa memilih sekolah menengah kejuruan. Sekolah menengah atas mengajarkan hal yang dilanjutkan sekolah tingkat pertama. Sekolah menegah kejuruan mengajarkan hal-hal yang bersifat kejuruan seperti otomotif, computer, pertanian, dan pertukangan. Siswa smk diajarkan agar mereka dapat hidup mandiri dengan ketrampilan yang mereka miliki setelah lulus dari smk, dengan kata lain mereka juga diajarkan kewirausahaan. Setelah mereka lulus dari sma, mereka dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi mengajarkan hal yang lebih terperinci. Perguruan tinggi juga memperluas kesempatan kerja untuk siswanya setelah mereka lulus nantinya. Orang yang lulus dari perguruan tinggi dianggap memiliki kasta yang lebih tinggi dari pada lulusan sma atau smk. Di Indonesia,masih banyak warga yang masih menganggap bahwa sekolah tidak perlu tinggi-tinggi, bahkan banyak masyarakat primitive menganggap pendidikan formal tidak perlu, hanya menghabiskan uang saja. Sehingga pemerintah mencanangkan progam wajib belajar 9 tahun, hal itu berarti pamerintah berharap agar anak-anak Indonesia bersekolah sampai sekolah menengah pertama. Progam ini dibantu dengan adanya BOS (Bantuan Operasional sekolah). Dengan adanya bos, diharapkan dapat merinankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya. Hal ini dimaksudkan agar semua anak Indonesia, tidak tertinggal dengan anak dari bangsa lain. Program pemerintah lainnya adalah program kejar paket. Progam kejar paket adalah progam pendidikan yang dapat dilakukan oleh orang dewasa yang pada jaman dahulu tidak bersekolah. Hai ini dimaksudkan agar mereka tidak kalah oleh orang lulusan saat ini. Program kejar paket meliputi kejar paket A, B, C. Kejar paket A setara dengan Sekolah dasar. Kejar paket B setara dengan sekolah menengah pertama. Kejar paket C setara dengan Sekolah menengah atas. Lulusan kejar paket C juga dapat melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.
Sebenarnya ada pendidikan yang diminati oleh orang Indonesia sebelum mereka masuk SD, yaitu play group. Siswa playgroup biasanya anak-anak balita.Di play group, guru menstimulasi otak anak-anak untuk mengenali sesuatu dengan panca indera mereka.
Warga Indonesia perlu mendapat pendidikan formal karena pendidikan akan meningkatkan pengetahuan dan taraf kehidupan mereka.

Pendidikan selain pendidikan formal adalah pendidikan informal. Pendidikan informal tidak mengenal tempat yang tetap untuk belajar. Pendidikan informal biasanya lebih banyak bersifat lisan daripada tertulis. Pendidikan informal dirasa lebih flexible daripada pendidikan formal, karena pendidikan informal dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.Bahkan ketika kita berada di dalam dunia kerjapun kita dapat memperoleh pendidikan informal dari teman kerja dan atasan kita. Pengalaman juga merupakan guru pendidikan informal yang terbaik.

Saat ini pendidikan formal dan pendidikan informal sama pentingnya. Mereka saling melengkapi manusia dalam dunia kerja. Banyak lowongan kerja yang mengharuskan pelamarnya agar memiliki pendidikan formal, misalnya mereka harus lulusan dari suatu universitas. Kadang-kadang mereka juga diharuskan memiliki pengalaman yang cukup. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan informal juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Pendidikan juga berpengaruh besar dalam kemajuan bangsanya, dengan kata lain kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sumber daya manusianya. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki suatu bangsa, semakin tinggi juga kemajuan bangsanya. Negara juga membutuhkan orang-orang pintar untuk membangun banga dengan menjadi pegawai Negara atau yang sering kita sebut sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Indonesia juga melakukan beberapa kerjasama dengan luar negeri dengan mengadakan pertukaran pelajar. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain.

Pendidikan juga dianjurkan oleh agama. Semua agama menjunjung tinggi kehidupan. Hal ini dimaksudkan agar umat beragama tidak bodoh. Dalam kehidupan bermasyarakat, pendidikan juga menentukan prestise. Bila ada seorang warga yang berpendidikan tinggi akan lebih dihormati daripada orang yang berpendidikan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih menjunjung tinggi pendidikan.

Sebelum manusia mengenal pendidikan formalnya, manusia dididik oleh orang tuanya sejak mereka lahir. Mereka diajari mengeja kata dan diajari mengenal lingkungannya. Bagi balita, belajar tidak selamanya sesuatu yang membosankan, mereka dapat belajar sambil bermain. Sehingga tanpa mereka sadari mereka telah belajar ketika mereka bermain seperti permainan bongkar pasang yang menstimulasi otak anak.

Saat ini, banyak sekali pekerjaan yang diminati banyak orang, salah satu contohnya yang paling dimnati saat ini adalah berwiraswasta. Berwirausaha dapat dilakukan oleh siapa saja. Banyak orang sukses dilahirkan dari mereka yang berwirausaha. Wiraswasta adalah suatu jenis usaha yang bergerak di bidang swasta dan tidak mengikat dengan aturan pemerintah. Contoh wiraswasta adalah pedegang. Wiraswasta juga dapat dikatakan sebagai sector usaha informal. Banyak orang memilih wiraswasta daripada pekerjaan lainnya adalah karena potensi yang bagus. Karena setiap hari, hampir seluruh orang di dunia mengadakan transaksi jual beli atau barters. Berwiraswasta dapat berkembang tanpa batas, tergantung dari pelaku bisnisnya. Lain halnya dengan pekerjaan lain yang sukar berkembang. Orang yang bekerja sebagai wiraswasta memiliki resiko yang dapat dikendalikan, hamper dapat dikatakan fifty fifty. Namun demikian apabila usaha dikelola dengan baik, maka resiko yang timbul juga akan sedikit. Semakin besar modal yang dikeluarkan, biasanya resikonya semakin besar.

Berwirausaha tidak memerlukan tingkat IQ yang tinggi. Yang dibutuhkan hanyalah kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi. Kecerdasan emosional meliputo softskill yang dapat berupa pengambilan keputusan yang efektif, kepemimpinan,dan semangat yang tinggi (tidak mudah menyerah), serta kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Seorang wiraswasta harus meiliki sikap yang tegas dalam mengambil suatu keputusan, karena hidup adalah suatu pilihan yang berat. Hal ini erarti, mereka tidak boleh takut gagal. Mereka tidak boleh malu untuk bertanya kepada orang lain apabila menemui kesulitan. Apabila ingin sukses, kita harus merendahkan diri untuk belajar pada orang yang telah sukses Kecerdasan spiritual bisa disebut keagamaan. Tanpa doa, apa yang manusia lakukan tidak aka nada artinya. Banyak wiraswastawan yang sukses adalah orang yang biasa saja atau bahkan memiliki IQ di bawah rata-rata. Apa yang menyebabkan mereka sukses? Seseorang yang mau memulai suatu usaha haruslah lahir dari sebuah impian. Hampir semua orang memiliki impian yang berbeda-bedaseuai dengan minatnya masing-masing. Impian adalah suatu motivator terbaik agar wirausahanya sukses. Wiraswasta yang sukses adalah orang yang memiliki impian besar dalam hidupnya. Tanpa impian, manusia tidak akan mempunyai tujuan hidup, dan uang yang mereka cari tidak akan berarti apa-apa. Setelah memiliki impian, tinggallah bagaimana orang mewujudkan mimpinya. Dalam hal ini, kejelian dalam melihat peluang yang ada. Orang dapat memanfaatkan peluang yang ada atau mereka juga dapat menciptakan peluang sendiri. Apabila mereka memanfaatkan peluang yang ada mereka hanya melakukan kreativitas. Orang dapat menciptakan peluang ketika orang mengembangkan hobinya. Hobi dapat menjadi senjata yang ampuh dalam membuka peluang. Terkadang bakat juga mempengaruhi keberhasilan dalam memulai suatu usaha. Bakat biasanya diturunkan dari orang tua. Kemungkinan keberhasilan orang yang memanfaatkan peluang yang ada lebih besar daripada orang yang membuka peluang sendiri. Hal ini karena orang yang membuka peluang sendiri belum tentu sesuai dengan selera pasar yang ada. Lain halnya orang yang memanfaatkan peluang yang sudah memiliki pasar sendiri. Akan tetapi,semua selera pasar dapat kita peroleh apabila kita membuat sesuatu dengan sekreatif mungkin, bahkan dapat dikatakan beda. Keberuntunganlah akhirnya yang menentukan apakah orang tersebut dapat berhasil atau tidak.

Banyak orang yang meragukan bahwa tanpa pendidikan formal orang tidak bisa sukses. Tapi hal ini dibantahkan dengan fakta-fakta orang yang sukses berwirausaha yang tidak bermodalkan pendidikan formal. Mereka hanya mengandalkan pengalaman dan softskill mereka dalam mengahadapi customer. Seorang pengusaha tidak akan berhasil apabila mereka meremehkan customer. Seorang pengusaha yang sukses akan selalu memuaskan kepentingan customer. Mereka juga sangat menghargai waktu. Bagi mereka, waktu adalah uang. Mereka menggunakan waktu mereka sefektif mungkin, medkipun terkadang mereka menggunakan waktu yang agak berlebihan ketika mereka sedang mengadakan penelitian atas bisnis mereka. Pengarang buku ekonomi terkenal, Robert Kyusaki meremehkan arti pendidikan formal dalam meraih kesuksesan finansial. Kesuksesan financial bukan hanya ditentukan oleh seberapa tinggi manusia memiliki gelar kependidikan, melainkan ada beberapa factor penting yang sering terlupakan oleh banyak orang. Di antaranya niat dan ketekunan. Mereka harus tekun membaca buku dan informasi lainny agar memperkecil resiko pada saat mereka memulai usahanya. Ada suatu peribahasa bahwa orang tekun lebih baik daripada orang pintar. Hal itu dapat dilogikakan sebagai berikut: dalam dunia wirausaaha yang sama, orang tekun akan selalu bekerja keras daripada orang pintar. Ada juga yang mengatakan bahwa kecerdasan dan ketekunan masih kalah dengan keberuntungan. Apabila sebuah kepintaran dapat diperoleh dengan ketekukan, dan ketekunan dapat diperoleh dengan niat, namun darimana keberuntungan dapat diperoleh. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki hoki yang tinggilah yang akan lebih sukses.

read more..

09 Maret 2008

Because of you

I will not make the same mistakes that you did
I will not let myself cause my heart so much misery
I will not break the way you did
You fell so hard
I've learned the hard way, to never let it get that far
Because of you
I never stray too far from the sidewalk
Because of you
I learned to play on the safe side
So I don't get hurt
Because of you
I find it hard to trust
Not only me, but everyone around me
Because of you
I am afraid
I lose my way
And it's not too long before you point it out
I cannot cry
Because I know that's weakness in your eyes
I'm forced to fake a smile, a laugh
Every day of my life
My heart can't possibly break
When it wasn't even whole to start with
Because of you
I never stray too far from the sidewalk
Because of you
I learned to play on the safe side
So I don't get hurt
Because of you
I find it hard to trust
Not only me, but everyone around me
Because of you I am afraid
I watched you die
I heard you cry
Every night in your sleep
I was so young
You should have known better than to lean on me
You never thought of anyone else
You just saw your pain
And now I cry In the middle of the night
For the same damn thing
Because of you
I never stray too far from the sidewalk
Because of you
I learned to play on the safe side
So I don't get hurt
Because of you
I tried my hardest just to forget everything
Because of you
I don't know how to let anyone else in
Because of you
I'm ashamed of my life because it's empty
Because of you
I am afraid
Because of you
Because of you

read more..